IBL

Damian Lillard memberi respon terbaik atas segala “ujaran kebencian” yang menghampirinya dalam beberapa waktu terakhir. Memimpin Portland Trail Blazers dalam gim melawan Dallas Mavericks, Selasa 11 Agustus 2020, waktu setempat, Lillard mengamuk dengan mencetak 61 poin, 5 rebound, dan 8 asis untuk membawa Blazers menang 134-131.

Lillard memasukkan 9/17 tripoin (53 persen) dan sempurna 18/18 (100 persen) dari tembakan gratis. Secara keseluruhan tembakan, akurasinya mencapai 53 persen (17/32). Lillard jadi pemain Blazers pertama dalam sejarah yang berhasil mencetak setidaknya 50 poin dalam dua gim beruntun. Di gim sebelumnya melawan Philadelphia 76ers, Lillard membuat 51 poin.

Catatan 61 poin juga menyamai rekor poin tertinggi Lillard dalam satu gim sepanjang kariernya. Menariknya, ini jadi kali ketiga musim ini Lillard menyentuh batas 60 poin. Hal ini membuatnya jadi pemain pertama sejak Wilt Chamberlain (1963) yang mampu membukukan setidaknya tiga kali 60 poin dalam satu musim.

Sepanjang sejarah NBA, hanya ada lima pemain yang pernah membukukan setidaknya tiga gim dengan 60 poin sepanjang karier mereka. Lima pemain itu adalah Wilt, Elgin Baylor, Michael Jordan, Kobe Bryant, dan James Harden. Lillard jadi pemain keenam yang masuk daftar. Di sisi lain, dua raihan 50 poin dalam dua gim terakhir membuat Lillard kini menyalip T.J. Warren sebagai top skor “gelembung” dengan rataan 37,0 poin per gim.

Hal baik lainnya untuk Blazers adalah hasil ini membawa mereka naik ke peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Barat. Blazers menyalip Memphis Grizzlies yang harus turun satu peringkat. Jika Blazers bisa menang di gim terakhir mereka nanti lusa, waktu setempat, melawan Brooklyn Nets, maka Blazers dipastikan menjadi satu tim yang akan memainkan gim penentuan lolos playoff melawan tim peringkat sembilan.

Di samping Lillard, Carmelo Anthony juga tampil baik di gim ini dengan 26 poin dan 8 rebound. Ia memasukkan 10/17 tembakan (58 persen). Zach Collins menambahkan 11 poin dan 8 rebound sedangkan Gary Trent Jr. yang memulai gim dari bangku cadangan juga memiliki 11 poin.

Penampilan brilian Lillard menutupi penampilan yang juga sudah cukup baik dari tiga poros utama Mavericks. Kristaps Porzingis jadi yang paling subur dengan 36 poin dan 6 rebound. Luka Doncic mengikuti dengan 25 poin, 8 rebound, dan 10 asis sedangkan Tim Hardaway Jr. 24 poin.

Kamis, 13 Agustus 2020, waktu setempat, Mavericks akan jumpa Phoenix Suns, yang akan menjalani partai penentuan untuk bisa memainkan gim tambahan menentukan lolos ke playoff. (DRMK)

Foto: NBA  

Komentar