IBL

Pertahanan Portland Trail Blazers tampil solid saat jumpa Houston Rockets, Selasa, 4 Agustus 2020, waktu setempat. Bisa dibilang sepanjang gim mereka menerapkan double team untuk James Harden. Hal ini membuat Rockets sulit mengembangkan permainan dan terus tertinggal sepanjang laga. Ditambah dengan keunggulan telak di rebound, Blazers menutup gim dengan kemenangan 110-102.

Blazers total mengumpulkan 64 rebound berbanding hanya 39 miliki Rockets. Dari 64 rebound tersebut, 15 di antaranya adalah offensive rebound sedangkan Rockets hanya merebut lima offensive rebound. Double team yang mereka belakukan ke Harden membuatnya melakukan empat dari 10 turnover Rockets di gim ini. Di sisi lain, rotasi bertahan Blazers yang apik juga membuat Rockets tak bisa menemukan celah menembak terbaik. Rockets hanya memasukkan 19/53 tripoin (36 persen).

Damian Lillard jadi top skor tim dengan 21 poin, 9 rebound, dan 8 asis. C.J. McCollum 20 poin, 7 rebound, dan 5 asis. Keduanya jadi pemain paling lama di lapangan usai masing-masing tampil selama 40 menit.

Jusuf Nurkic dan Carmelo Anthony digdaya di area bawah ring. Tanpa lawan dengan postur sepadan, keduanya membukukan dobel-dobel dengan rebound. Nurkic 18 poin dan 19 rebound sedangkan Carmelo 15 poin plus 11 rebound. Dari bangku cadangan, Gary Trent Jr. menutup daftar dengan 16 poin selama 35 menit.

Meski di double team sepanjang gim, Harden tetaplah Harden. Ia jadi top skor gim dengan 23 poin, 6 rebound, dan 9 asis. Akan tetapi, Harden hanya mencoba 17 tembakan di gim ini, jumlah yang jauh dari rata-ratanya musim ini dengan 22,5 percobaan tiap gim. Harden juga hanya tujuh kali mendapatkan tembakan gratis.

Jeff Green yang memulai gim dari cadangan menyusul dengan 22 poin dan 6 rebound. Danuel House Jr. menambahkan 17 poin, 4 rebound, dan 3 asis sedangkan Russell Westbrook 15 poin, 3 rebound, plus 9 asis. Rockets masih bermain dengan rotasi delapan pemain saja, seperti di dua gim pertama yang sudah dilalui.

Seiring kekalahan Spurs atas Sixers kemarin,Blazers kini naik ke peringkat sembilan klasemen sementara Wilayah Barat dengan 31 kemenangan dan 38 kekalahan. Sebaliknya, Rockets tak terpengaruh dengan hasil ini, tetap kukuh di peringkat empat dengan rekor (42-25).

Rockets akan jumpa Los Angeles Lakers, lusa, waktu setempat. Di hari yang sama, Blazers berhadapan dengan Denver Nuggets. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar