IBL

Houston Rockets dan Dallas Mavericks jadi dua tim yang menutup gim di hari Jumat, 31 Juli 2020, waktu setempat. Sama-sama bersaing untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di Wilayah Barat, kedua tim tampil ngotot. Imbang di kuarter perdana, dua kuarter selanjutnya dikuasai oleh Mavericks yang unggul hingga 11 poin. Sayangnya, keunggulan tersebut tak terjaga dengan baik hingga Rockets memakasakan laga lanjut ke babak tambahan waktu (overtime). Di sini, Rockets berbalik unggul dan menutup gim dengan kemenangan 153-149.

James Harden masih jadi andalan utama Rockets dalam mendulang poin. Selama 43 menit bermain, Harden mencetak 49 poin, 9 rebound, 8 asis, 3 steal, dan 3 blok. Hebatnya lagi, Harden hanya membuat satu turnover hari ini. Ia juga menorehkan rekor sebagai pemain pertama yang mencetak 49 poin atau lebih hanya dengan 20 percobaan tembakan. Harden hari ini memasukkan 14 dari 20 tembakannya (70 persen).

Sebanyak 23 dari keseluruhan poin Harden juga datang di kuarter pertama saja. Lalu, ia juga produktif dan efektif dari tembakan gratis. Ia mendapatkan 21 percobaan dan memasukkan 18 di antaranya (86 persen). Salah satu kegagalan tembakan tersebut bahkan tampaknya disengaja oleh Harden guna memaksa gim lanjut ke tambahan waktu.

Rekan duet Harden di lapangan belakang, Russell Westbrook, menyusul dengan dobel-dobel 31 poin,11 rebound, dan 8 asis. Robert Covington juga dobel-dobel, 13 poin plus 11 rebound. Dua dari 13 poin Covington adalah sebuah sentuhan dari kegagalan tembakan gratis Harden tersebut. Danuel House Jr. memberi 20 poin dan 5 rebound.

Dari bangku cadangan, tiga pemain Rockets memberi sumbangan dua digit poin. Ben McLemore jadi yang paling subur dengan 13 poin hanya dari 14 menit. Sayangnya, Ben harus keluar lapangan lebih cepat karena fouled out. Austin Rivers dan Jeff Green menutup daftar dengan sama-sama dua digit poin. Rockets hanya memainkan delapan pemain dan hanya P.J. Tucker yang tidak masuk ke daftar pencetak dua digit poin.

Mavericks memainkan total 10 pemain, tapi distribusi poin praktis hanya datang dari empat pemain. Kristaps Porzingis jadi yang paling subur dengan dobel-dobel, 39 poin dan 16 rebound. Luka Doncic jadi pemain pertama di lanjutan NBA yang mencetak tripel-dobel dengan 28 poin, 13 rebound, dan 10 asis. Kejutan datang dari Trey Burke yang memulai gim dari bangku cadangan namun memberi sumbangsih 31 poin dan 6 asis. Ia memasukkan 8/10 tripoin (80 persen). Tim Hardaway Jr. melengkapi daftar dengan 24 poin dan 5 rebound.

Kedua tim total memasukkan 40 tripoin di gim ini dengan akurasi masing-masing setidaknya 40 persen. Rockets memasukkan 19/48 tembakan yang setara dengan 40 persen. Sedangkan Mavericks 21/49 yang berarti 43 persen.

Dengan hasil ini, Rockets merangsek naik ke peringkat lima dengan catatan 41 kemenangan dari 65 gim. Sedangkan Mavericks masih tertahan di peringkat tujuh dengan 40 kemenangan dari 68 gim. Minggu, 2 Agustus 2020, waktu setempat, Rockets akan berjumpa Milwaukee Bucks sedangkan Mavericks bertemu Phoenix Suns. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar