IBL

Houston Rockets kembali tampil mengesankan saat jumpa Oklahoma City Thunder di gim kedua putaran pertama playoff NBA, Kamis, 20 Agustus 2020, waktu setempat. Meski sempat kesulitan menemukan akurasi mereka di tiga kuarter pertama, pertahanan mematikan Rockets membuat mereka tak pernah tertinggal jauh. Sebaliknya, saat akurasi mereka membaik di kuarter empat, Rockets langsung tancap gas meninggalkan Thunder dan menutup gim dengan kemenangan 111-98.

Bukti tangguhnya pertahanan Rockets adalah catatan delapan steal mereka. Jumlah tersebut terbilang masih karena Thunder total hanya membuat 13 turnover. Di sisi lain, Rockets juga memaksa Thunder membuat tiga kali offensive foul yang juga terhitung sebagai turnover. Para pemain Rockets melakukan rotasi bertahan dengan baik hingga hanya Shai Gilgeous-Alexander yang mampu menorehkan akurasi tembakan di atas 50 persen (minimal 10 tembakan).

(Baca juga: Rockets Hujani Ring Thunder dengan Tembakan Tripoin)

Rockets hanya turun dengan delapan pemain, namun tujuh di antaranya mencetak dua digit poin. James Harden jadi top skor tim seperti biasa dengan 21 poin, 5 rebound, 9 asis, dan 3 steal. Akan tetapi, ia kesulitan menemukan akurasinya usai hanya memasukkan 2/11 tripoin (18 persen) dan 5/16 tembakan keseluruhan (31 persen). Harden juga hanya bermain 36 menit hari ini, kalah dari Jeff Green (37 menit) dan Danuel House Jr. (38 menit).

Nama yang terakhir disebut mengikuti perolehan poin Harden dengan 19 poin dan 9 rebound. Jeff Green sendiri mencetak 15 poin dan 7 rebound dari bangku cadangan. Eric Gordon juga 15 poin dengan tambahan 5 rebound dan 4 asis. P.J. Tucker 14 poin, Austin Rivers 11 poin, sementara Robert Covington melengkapi dengan 10 poin.

Rockets juga kembali mencatatkan sejarah di gim ini. Dari total 91 percobaan tembakan mereka, 56 di antaranya adalah tripoin. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak dalam satu gim playoff sepanjang sejarah NBA. Menariknya, pemegang rekor sebelumnya adalah juga mereka sendiri dengan 52 percobaan yang mereka catatkan dua hari lalu.

(Baca juga: James Harden dan Rekor-rekornya Musim Ini)

Shai yang sempat disinggung di atas jadi top skor gim ini dengan 31 poin dan 6 rebound selama 37 menit. Shai memasukkan 9/17 tembakan (53 persen) dan 10/11 (91 persen) dari tembakan gratis. Danilo Gallinari 17 poin dan 5 rebound, Chris Paul 14 poin, dan Dennis Schroder menutup daftar dengan 13 poin, 5 rebound, dan 5 asis.

Hasil ini membuat Rocktes jadi tim Wilayah Barat pertama yang unggul (2-0). Gim ketiga akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar