IBL

Gim 5 putaran pertama playoff antara Houston Rockets dan Oklahoma City Thunder digelar Sabtu, 29 Agustus 2020, waktu setempat. Usai tertunda tiga hari karena aksi boikot, Thunder justru tampil lesu, utamanya di paruh kedua. Di paruh pertama, Thunder yang tertinggal 10 poin di kuarter pertama berhasil menipiskan jarak hingga tiga poin di kuarter dua. Sayangnya, di kuarter tiga, akurasi mereka terus memburuk dan memudahkan Rockets memenangi gim dengan skor telak 114-80.

Akurasi buruk Thunder sendiri sebenarnya tak murni karena kesalahan mereka. Pertahanan Rockets bermain sangat kolektif dan tahu betul apa yang harus mereka lakukan. Thunder yang tak tak memiliki penembak tripoin jitu mereka paksa untuk mengambil tembakan jarak jauh secara leluasa. Benar saja, Thunder hanya memasukkan 7/45 tripoin (16 persen).

Sebaliknya saat menyerang, Rockets justru tampil lebih mengalir dan tak melulu tripoin. Kembalinya Russell Westbrook membuat mereka punya ancaman di area kunci dan semakin menambah variasi. Akurasi tripoin mereka juga cukup baik seiring banyaknya tembakan tanpa penjagaan. Hal ini terjadi karena pemain bertahan Thunder yang tertarik pada tusukan-tusukan yang dilakukan James Harden, Westbrook, dan Eric Gordon. Rockets mencatatakan 40 persen tripoin masuk (19/48).

(Baca juga: Russell Westbrook Sembuh dan Siap Main di Gim Kelima)

Harden sendiri jadi top skor gim dengan 31 poin dan 5 asis selama 28 menit. Harden nyaris duduk penuh di kuarter empat. Akurasinya hari ini cukup menakutkan di angka 73 persen (11/15) termasuk di dalamnya 4/8 tripoin (50 persen).

Robert Covington juga cukup wangi dengan 22 poin, 7 rebound, 3 asis, dan 3 steal. Covington yang mendapatkan banyak kesempata tripoin bebas memasukkan 6/11 tripoinnya (54 persen). Eric Gordon menambahkan 20 poin, 4 rebound, dan 4 asis meski tak memasukkan satupun tripoin (0/3). Westbrook yang masih dibatasi menitnya bermain selama 24 menit dan mencetak 7 poin, 6 rebound, dan 7 asis.

Kuarter tiga benar-benar membunuh Thunder. Selain karena tembakan buruk dan masifnya serangan Rockets, Thunder juga harus menerima kenyataan dikeluarkannya top skor mereka di gim ini, Dennis Schroder. Schroder dikeluarkan bersama P.J. Tucker karena terlibat perselisihan setelah flagrant foul yang dilakukan Schroder. Selama 21 menit, Schorder mencetak 19 poin dan tak satupun pemain Thunder mampu melampaui catatan itu.

Hasil ini membuat Rockets kini unggul (3-2). Dua hari lagi, gim keenam akan digelar. Bila Rockets menang, maka mereka akan melaju ke semifinal Wilayah Barat. Jika kalah, maka gim ketujuh akan digelar. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar