IBL

Tertundanya gim NBA usai aksi boikot para pemain atas kasus penemabkan Jacob Blake sedikit membawa berkah untuk Houston Rockets. Jeda tiga hari tersebut ternyata cukup untuk menaikkan status salah satu bintang mereka, Russell Westbrook, dari cedera menjadi pulih. Ya, tes terbaru Westbrook atas cederanya menunjukkan hasil bagus dan ia dinyatakan siap bermain utnuk gim kelima melawan mantan timnya, Oklahoma City Thunder.

Sebelum perubahan status ini, ESPN sempat memberikan laporan bahwa Westbrook sudah terlihat berlatih dengan normal bersama tim. Tak sampai di situ, ESPN juga memberi deskripsi bahwa Westbrook terlihat eksplosif seperti sebelum cedera.

(Baca juga: Russell Westbrook Mungkin Absen di Gim-gim Awal Putaran Pertama Playoff)

Gim kelima akan jadi gim playoff pertama Westbrook berseragam Rockets dan jadi kali pertama ia melawan Thunder di playoff. Dalam perjalanan kariernya sejak 2008 lalu, Westbrook adalah andalan Thunder. Namun, atas upaya Thunder melakukan pembangunan ulang skuad (rebuild), Westbrook rela dirinya ditukar ke Rockets untuk Chris Paul dan hak-hak memilih di NBA Draft.

Tanpa Westbrook, Rockets sebenarnya sudah bisa dibilang cukup mengejutkan para penggemar NBA dengan kondisi sekarang sama kuat (2-2) dengan Thunder. Rockets bahkan unggul (2-0) lebih dulu di seri ini. Kolektivitas pertahanan Rockets dan gempuran tripoin jadi andalan mereka di empat gim ini. Dengan tambahan Westbrook, Rockets bisa dibilang akan mendapatkan suntikan kekuatan di area kunci.

Dalam 57 gim musim reguler yang ia mainkan, Westbrook menorehkan 27,2 poin, 7,9 rebound, 7,0 asis, dan 1,6 steal per gim.  Westbrook memang cukup buruk dari belakang garis busur usai hanya memasukkan 26 persen tembakannya (terendah sepanjang karier). Akan tetapi, efektivitas tembakan Westbrook secara keseluruhan (eFG%) musim ini justru yang tertinggi sepanjang kariernya. Hal ini menunjukkan bahwa area operasi Westbrook di dalam garis busur cukup mumpuni dan bisa menjadi ancaman untuk Thunder.

(Baca juga: Harden-Westbrook Jadi Duo Paling Produktif Sepanjang Masa)

Gim antara Rockets dan Thunder akan digelar Sabtu, 29 Agustus 2020, waktu setempat atau Minggu, 30 Agustus 2020, waktu Indonesia. Berdasarkan jadwal baru, gim ini akan dimulai pukul 05.30 WIB. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar