IBL

Saat pengumuman bergabungnya Russell Westbrook ke Houston Rockets keluar ke publik musim sekitar satu tahun yang lalu, banyak yang meragukan ia bisa bekerja sama dengan James Harden. Meski keduanya pernah bergabung dalam satu tim saat membela Oklahoma City Thunder, keduanya telah berkembang jadi pemain yang sangat berbeda tapi memiliki kurang lebih pola permainan yang sama.

Baik James atau Russ (sapaan Westbrook) adalah seorang pemain yang mendominasi penguasaan bola. Mereka juga lebih banyak menghabiskan waktu dengan pola permainan isolasi yang bisa membuat mereka jadi pencetak angka sendiri atau justru memfasilitasi rekan-rekannya. Namun, keduanya memberikan jawaban yang tepat atas keraguan itu.

Selain secara pencapaian Rockets yang meraih 43 kemenangan dari 68 gim dan duduk di peringkat empat klasemen sementara Wilayah Barat, catatan individu keduanya juga tetap bagus meski bermain bersama. Bahkan, saat digabungkan secara catatan statistik poin mereka, duet James dan Russ jadi duo paling produktif sepanjang masa NBA.

James memiliki rataan 34,3 poin, 6,4 rebound, dan 7,5 asis per gim sedangkan Russ 27,4 poin, 8,0 rebound, dan 7,1 asis per gim. Total poin keduanya dalah 61,7 poin per gim. Keduanya berhasil mengalahkan catatan duet mendiang Kobe Bryant dan Shaquille O’Neal pada musim 2003-2004 yang mengombinasikan 57,5 poin.

Musim reguler kan belum berakhir, apakah James dan Russ tetap akan mengungguli Kobe dan Shaq? Jawabannya adalah iya. Meski James dan Russ tidak mencetak poin di sisa empat gim Rockets, keduanya masih akan unggul 0,4 poin dari rekor Kobe dan Shaq.

Menariknya lagi, rataan poin Rockets per gim adalah 118,4. Artinya, James dan Russ mencetak lebih dari 50 persen poin Rockets. Lebih tepatnya, mereka mencetak 52 persen dari poin Rockets. Sisa 48 persen distribusi poin Rockets mereka bagikan kepada seluruh pemain yang ada.

Catatan ini seolah menjadi bukti betapa hebatnya keduanya sebagai duet utamanya di Rockets yang tidak bermasalah dengan pola permainan dominan pengusaan bola mereka. Ditambah dengan perubahan skuad yang menjadi sangat kecil dan mengandalkan tripoint, Rockets, James, dan Russ bisa jadi kejutan musim ini. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar