IBL

Luka Doncic tampil superior di gim keempat Dallas Mavericks melawan Los Angeles Clippers, Minggu, 23 Agustus 2020, waktu setempat. Di sisa waktu 3,7 detik, Luka menerima umpan dari bola mati. Di area pinggir lapangan, ia melakukan satu crossover ke kanan, lalu ke kiri, step back dan melepaskan tripoin dari jarak 29 kaki yang kemudian menghujam ring Clippers tepat bersmaan dengan suara bel akhir pertandingan. Mavericks menang 135-133.  

Buzzer beater ini memang luar biasa, namun perjalanan pertandingan ini membuat kisahnya jauh lebih heroki. Seperti yang kita ketahui bersama, Luka mengalami cedera engkel di gim sebelumnya dan sempat diragukan tampil di gim ini. Namun, akhirnya beberapa jam sebelum tepis mula, Luka dipastikan bermain. Sayangnya, tandem Luka, Kristaps Porzingis, justru tidak bisa tampil karena masalah di lutut.

(Baca juga: Luka Doncic Diragukan Tampil Pada Gim Keempat)

Di pertandingan ini, Mavericks sempat tertinggal 21 poin di kuarter dua. Perlahan mereka mengejar dan sempat berbalik unggul 12 poin di kuarter empat. Sayangnya, Mavericks gagal bertahan dari kejaran Clippers dan gim harus berlanjut ke tambahan waktu. Di sisa 10 detik gim, Marcus Morris menerima umpan dari Kawhi Leonard di ujung kiri pertahanan Mavericks dan melepaskan tripoin untuk membawa Clippers unggul satu poin. Luka akhirnya menyudahi gim dengan sebuah tembakan luar biasa.

Luka menutup gim dengan tripel-dobel. Selama 46 menit, ia mencetak 43 poin, 17 rebound, 13 asis, 2 steal, dan 1 blok. Ia memasukkan 4/10 tripoin (40 persen) dan 18/31 secara keseluruhan tembakan (58 persen). Ini adalah tripel-dobel kedua Luka dari empat gim playoff yang baru ia jalani.

Trey Burke yang naik ke barisan starter mengisi slot yang ditinggalkan Porzingis mencetak 25 poin dan 6 rebound. Dari bangku cadangan, Seth Curry memimpin dengan 15 poin hasil dari 6/9 tembakan (67 persen) tanpa tripoin. Boban Marjanovic melengkapi dengan 10 poin dan 7 rebound hanya selama 16 menit turun berlaga.

Untuk Clippers, top skor datang dari bangku cadangan usai Lou Williams mencetak 36 poin, 4 reboundm dan 5 asis. Kawhi Leonard mengikuti dengan 32 poin, 9 rebound, 4 asis, 2 steal, dan 1 blok. Ivica Zubac 15 poin dan 4 rebound sedangkan Reggie Jackson menutup daftar pencetak angka digit ganda dengan 14 poin dari bangku cadangan.

Hasil ini membuat kedudukan sekarang imbang (2-2). Dengan ini, maka dipastikan kedua tim akan berlaga hingga setidaknya gim keenam. Lusa, waktu setempat, kedua tim akan memainkan gim kelima. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar