IBL

Toronto Raptors menutup NBA 2018-2019 dengang suka cita. Sementara itu, Golden State Warriors harus menggigit jari. Mereka tidak hanya kehilangan gelar, tetapi juga beberapa pemain. Kevin Durant, forwarda andalan mereka, bahkan mengakhiri musim dengan tragis. Ia mengalami cedera Achilles.

Durant diperkirakan akan absen sepanjang 2019-2020. Ia membutuhkan waktu satu musim untuk memulihkan cederanya. Itu merupakan kehilangan besar bagi tim yang akan merekrutnya di musim panas nanti.

Kawhi Leonard, forwarda Raptors, lantas memberinya wejangan. Ia tahu betul seperti apa rasanya absen dalam waktu yang lama. Leonard sempat mengalami cedera kuadriseps ketika masih membela San Antonio Spurs pada 2017-2018. Tim dokter tidak juga membolehkannya tampil, sehingga ia hanya tampil sebanyak sembilan kali saat itu.

Pada akhirnya, Leonard tidak pernah kembali ke Spurs. Tim asal San Antonio itu mengirimnya ke Toronto. Apalagi Leonard juga sudah tidak berselera membela Spurs. Pertukaran pun terjadi. Leonard membela Raptors sampai membawa mereka ke podium juara setelah mengalahkan Warriors 4-2.

Di pertandingan kelima, Durant sempat tampil melawan Leonard dkk. di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada. Namun, ia tampil kurang dari 12 menit. Durant mengalami nyeri di kaki kanannya sampai tidak sulit berdiri. Ia pun mengakhiri perlawanannya di kuarter dua.

Durant segera mendapat perawatan lebih lanjut. Ia bahkan sudah menjalani operasi. Ia tinggal menjalani masa rehabilitasi yang akan berlangsung lama. Saat mengetahui hal itu, Leonard memberi Durant wejangan.

“Anda benar-benar hanya perlu mengubah pola pikir Anda tentang berbagai hal, dan mencoba menghajar hari-hari untuk menjadi lebih baik,” ujar Leonard seperti dikutip NBC Sports. “Ketahuilah bahwa Anda akan bermain lagi suatu hari nanti.”

“Anda ingin kembali seperti dulu. Pastikan Anda kembali ketika merasa sehat dan merasa cukup baik, sehingga merasa cukup percaya diri untuk kembali ke lapangan. Ketahuilah bahwa hari itu akan datang. Dan seperti yang saya katakan, hajar setiap hari. Itu tugas Anda, untuk kembali ke hal yang Anda sukai.”

Leonard tahu para pemain bekerja keras untuk bisa sampai ke titik ini. Mereka bisa berada di NBA karena mereka berusaha. Durant pun begitu. Leonard ingin Durant mengingat hal itu. Ia ingin Durant berusaha lagi meski pun cedera harus menepikannya.

Leonard juga tahu bahwa cederanya dengan cedera Durant berbeda. Namun, jika ia berhasil kembali ke performanya yang semula, maka Durant pun bisa. Satu musim adalah waktu yang panjang untuk kembali seperti semula. (put)

Foto: NBA

Komentar