IBL

Golden State Warriors berhasil memaksa Toronto Raptors ke pertandingan keenam di Final NBA 2019. Warriors menang tipis 106-105 di pertandingan kelima di Scotiabank, Toronto, Ontario, Kanada, Senin 10 Juni 2019 waktu setempat. Stephen Curry menjadi pencetak angka terbanyak di pertandingan itu.

Curry mencetak 31 poin plus 8 rebound dan 7 asis. Klay Thompson membantunya dengan 26 poin, 6 rebound, dan 4 asis. DeMarcus Cousins 14 poin dan 6 rebound dari bangku cadangan. Draymond Green hampir tripel-dobel dengan 10 poin, 10 rebound, dan 8 asis.

Kevin Durant, forwarda Warriors, juga ikut tampil di pertandingan itu. Ia mencetak 11 poin dalam 11 menit 57 detik. Namun, ia harus menepi karena cederanya kambuh. Durant hanya bermain sampai kuarter dua.  

Sementara itu, Raptors mendapat suntikan poin dari Kawhi Leonard. Forwarda Raptors itu mencetak 26 poin plus 12 rebound, 6 asis, 2 steal, dan 2 asis. Kyle Lowry di belakangnya dengan 18 poin, 4 rebound, dan 6 asis. Marc Gasol 17 poin dan 8 rebound. Serge Ibaka 15 poin dan 6 rebound. Pascal Siakam 12 poin. Fred VanVleet 11 poin. Namun, perolehan itu tidak cukup untuk memenangkan pertandingan.

Warriors berhasil memanfaatkan momentum di sisa satu menit terakhir untuk merebut kemenangan di Toronto. Tripoin Curry dan Thompson menyelamatkan mereka. Pertahanan Warriors juga membuat tembakan Lowry, yang berpotensi membalikan kedudukan, meleset di detik-detik akhir.

Warriors sudah menggunakan senjata tripoinnya sejak awal. Mereka membuka pertandingan hari ini dengan menghujani ring lewat tripoin. Warriors memasukkan lima tripoin tanpa meleset di lima menit pertama. Mereka pun unggul 19-13. Raptors segera mengambil jeda (timeout) untuk menyetop momentum Warriors.

Setelah jeda, Raptors cukup bisa menekan. Mereka menyamakan kedudukan 23-23. Leonard dkk. memasukkan 14 dari total 23 poin itu dari bawah ring. Mereka meretas pertahanan Warriors yang longgar. Namun, Warriors pada akhirnya masih lebih unggul enam poin (34-28) di kuarter itu.

Sayangnya, Warriors mesti kehilangan Durant di kuarter dua. Cederanya kambuh lagi. Ia pun harus meninggalkan lapangan hingga pertandingan berakhir.

Kendati begitu, Warriors masih unggul 62-56. Mereka bisa terus berada di atas angin salah satunya berkat Cousins. Senter Warriors itu menyumbang 9 poin dan 5 rebound untuk membantu timnya menjaga margin. Curry, di sisi lain, juga tajam dengan 23 poin.

Di kuarter tiga, kedua tim bersaing sengit. Mereka berbagi poin 22-22. Warriors unggul total 84-78. Mereka terus berusaha menjaga asa untuk memperpanjang seri.

Raptors sempat memangkas ketinggalan hingga satu poin (91-92) di kuarter empat. Namun, Green memupus harapan Raptors untuk membalikkan keadaan. Senter-forwarda Warriors itu mencetak tripoin di sayap kanan, sehingga timnya membuat jarak lagi.

Sayangnya, Warriors tidak bisa terus menerus menghentikan Raptors. Tim asal Toronto itu pada akhirnya berhasil membalikkan keadaan. Leonard mencetak tripoin; skor berubah 101-97 untuk keunggulan Raptors. Pertandingan semakin ketat.

Di sisa 1 menit 22 detik, Curry rupanya membuat kejutan. Ia berhasil menyamakan kedudukan 103-103. Warriors lalu mengambil alih skor setelah Klay Thompson mencetak tripoin. Mereka unggul 106-103.

Raptors sebenarnya sempat mencetak dua poin lagi. Mereka bahkan berksempatan untuk menang, tetapi tembakan Lowry meleset di detik akhir. Warriors menang tipis 106-105. Curry tampak senang.

Dengan hasil itu, Warriors pun memperpanjang seri ke pertandingan keenam. Kedudukan 2-3. Pertandingan keenam akan berlangsung tiga hari lagi di Oakland. Warriors akan bermain di depan pendukungnya di Oracle Arena. (put)

Foto: NBA

Komentar