IBL

Juara bertahan NBA, Golden State Warriors, menghadapi pasukan Dallas Mavericks yang dipimpin Luka Doncic di NBA 2018-2019. Warriors pun berhasil menundukkan Doncic dkk. dengan skor 119-114 di American Airlines Center, Dallas, Texas, Amerika Serikat, Minggu 13 Januari 2019 waktu setempat. Stephen Curry, bintang andalan Warriors, menjadi penampil terbaik di pertandingan ini.

Curry mencetak 48 poin dari total 11 tripoin. Perolehan itu belum ditambah dengan 6 rebound, 5 asis, 2 blok, dan 1 steal. Dengan kemampuannya mencetak angka dan menyatur serangan, ia pun memetik satu kemenangan di hadapan penggemar lawan.

Di samping Curry, ada pula Kevin Durany yang mencetak 28 poin, 7 rebound, 5 asis, dan 2 blok. Klay Thompson, rekan duet Curry di lapangan belakang (backcourt) juga menumbang dobel digit angka dengan 16 poin. Alfonzo McKinnie dari bangku cadangan menambahkan 10 poin dan 5 rebound.

Sementara itu, Mavericks kembali mengandalkan seorang ruki di pertandingan kali ini. Doncic menjadi pemain paling produktif dengan torehan 26 poin, 6 rebound, dan 5 asis. Harrison Barnes, bekas pemain Warriors, menambahkan 22 poin. DeAndre Jordan menyumbang dobel-dobel 13 poin dan 14 rebound. Jalen Brunson, pemain cadangan, menambahkan 12 poin. Namun, pada akhirnya, mereka tetap gagal menyelamatkan wajahnya di hadapan penggemar sendiri. Sebab, Curry terus menghujani mereka dengan tripoin yang membuat mereka tunduk. Padalah Mavericks sempat unggul di awal pertandingan.

Mavericks unggul empat poin di kuarter satu dengan skor 29-25. Namun, Warriors tetaplah juara bertahan masih memiliki barisan pemain utama yang sama seperti musim lalu. Pemain-pemain seperti Curry dan Durant tidak mudah digulingkan begitu saja. Mereka memberi perlawanan dengan mencetak 37 poin tambahan di kuarter dua. Akibatnya, Warriors pun berbalik unggul 62-54.

Setelah jeda paruh pertama, Curry kembali beraksi untuk menuntun Warriors mempertahankan keunggulan. Ia mengumpulkan total 30 poin dari sedikitnya 8 tripoin sejak awal pertandingan hingga kuarter tiga. Namun, di sisi lain, Mavericks rupanya tidak tinggal diam. Mereka bisa melangkah lebih jauh sampai sempat memangkas ketinggalan menjadi hanya empat poin (88-92). Pertandingan pun bertambah ketat.

Dengan skor seketat itu, Warriors berusaha untuk merentangkan jarak. Hanya saja, Mavericks sulit ditundukkan. Mereka bahkan sempat unggul  105-103 sampai akhirnya Warriors bangkit di pengujung kuarter empat. Warriors sempat imbang 114-114 sebelum Curry melesakkan tripoin terakhirnya yang membuat mereka menang. Mavericks tidak mampu mengimbangi juara bertahan di sisa pertandingan sehingga Warriors pun menutup pertandingan dengan skor 119-104.

Selanjutnya, Warriors akan menghadapi pemuncak klasemen Wilayah Barat, Denver Nuggets, untuk merebut tempat di puncak. Sementara itu, Mavericks akan melawan rival sedaerah mereka di Texas, San Antonio Spurs. (GNP)

Foto: NBA

Komentar