IBL

Golden State Warriors kali ini harus menjamu Memphis Grizzlies dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Mereka pun menang 117-101 di kandang sendiri di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Senin 5 November 2018 waktu setempat. Trio Warriors (Klay Thompson, Kevin Durant dan Stephen Curry) lagi-lagi menjadi aktor di balik kemenangan tersebut.

Thompson menjadi pencetak angka terbanyak dengan 27 poin. Sementara itu, Durant mengumpulkan 22 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Curry lalu menambahkan 19 poin, 5 rebound, dan 7 asis.

Dari bangku cadangan, Warriors juga mendapat suntikan berarti. Alfonzo McKinnie mengumpulkan 14 poin sementara Quinn Cook 13.

Di sisi lawan, pemain cadangan Dillon Brooks menjadi pencetak angka terbanyak timnya dengan 18 poin. Ruki (rookie) Jaren Jackson Jr. dan Shelvin Mack lalu menambahkan masing-masing 15 poin. Garret Temple, forwarda, menyumbang 13 poin. Tidak ada pemain Grizzlies yang mencetak lebih dari 20 hari ini. Namun, pertahanan mereka sangat ketat di paruh pertama. Warriors bahkan sempat kesulitan meski pada akhirnya memanfaatkan momentum di kuarter tiga untuk merentangkan jarak skor yang lebar.

Memphis unggul lebih dulu (31-29) di kuarter pertama, tetapi Warriors kemudian mengimbangi tamunya dengan skor 58-58 di kuarter dua. Grizzlies bisa menahan Warriors dengan menghentikan laju beberapa pilar mereka, terutama Stephen Curry. Garda bergelar pemain terbaik NBA dua kali itu mengalami kesulitan mencetak angka dan hanya memasukkan 2 dari 9 tembakan. Sementara itu, Warriors secara total hanya bisa memasukkan 39 persen tembakan dan melakukan 6 kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover). Grizzlies memainkan pertahanan terbaik mereka musim ini.

Menurut laporan Sportradar, Grizzlies hanya membiarkan lawan-lawannya mencetak 30+ poin di tiap kuarter sebanyak lima kali musim ini. Itu merupakan angka kemasukkan terendah di tiap kuarter di NBA. Mereka bahkan menahan Warriors di angka 29 di dua kuarter awal.

Kendati begitu, bukan Warriors namanya jika mereka tidak bisa mencari jalan keluar di pertandingan ini. Curry dkk. bangkit di kuarter tiga meski mereka harus kehilangan Draymond Green yang diperiksa karena mengalami nyeri di kaki kanannya. Kevon Looney lalu tampil menggantikannya.

Dengan susunan pemain Stephen Curry, Kevin Durant, Alfonzo McKinnie, Jonas Jerebko, dan Kevon Looney di kuarter tiga, Warriors pun mulai melangkah lebih jauh. Mereka berhasil mencetak 34 poin sementara tamunya hanya 14. Grizzlies rupanya mulai kesulitan menangani gempuran serangan Tuan Rumah yang mengeluarkan kemampuannya.

Warriors unggul 92-72.       

Di kuarter empat, dengan keunggulan 20 poin, Warriors terus berada di atas angin, tetapi Grizzlies juga tampak tidak menyerah. Mereka terus menekan meski Warriors juga dapat mengimbanginya sehingga upaya Grizzlies itu tidak juga membuat skor berbalik. Warriors terus unggul sambil peluit tanda berakhir berbunyi.

Warriors menang 117-101.

Dengan demikian, Warriors kini mengantungi 10 kemenangan dengan hanya kalah sekali. Selanjutnya, mereka akan menghadapi Milwaukee Bucks tiga hari lagi. Di sisi lain, Grizzlies (5-4) harus menjamu Denver Nuggets lusa.   

Foto: NBA

Komentar