IBL

Stephen Curry kembali mencetak rekor di NBA 2018-2019. Ia masuk ke jajaran pencetak 15.000 poin ketika Golden State Warriors mengalahkan Memphis Grizzlies. Warriors menang 110-93 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Senin 17 Desember 2018 waktu setempat.

Curry sendiri mengumpulkan 20 poin di pertandingan ini untuk masuk ke klub 15.000 poin tadi. Ia memasukkan 37,5 persen tembakannya, plus 7 rebound dan 2 steal.  

Kevin Durant, forwarda, kemudian menyusul dengan 23 poin, 3 rebound, dan 5 asis. Perolehan itu membuatnya menggeser posisi Larry Bird dalam daftar pencetak angka sepanjang masa. Durant naik ke peringkat 33 sebagai pencetak angka terbanyak dalam sejarah NBA.

Selain kedua pemain itu, Warriors juga mendapat sumbangan penting dari tiga pemainnya. Klay Thompson mencetak 16 poin. Jonas Jerebko dan Andre Iguodala masing-masing 16 dan 10 poin dari bangku cadangan. Warriors memenangkan pertandingan karena konsistensi mereka sepanjang kuarter. Tim asal Oakland itu selalu mencetak 20+ poin di tiap kuarternya dengan akurasi tembakan mencapai 43,5 persen.  

Di kuarter satu, misalnya, Warriors unggul 7-2 di menit-menit awal. Grizzlies lalu memangkas ketinggalan sampai hanya terpaut satu poin, tetapi Kevon Looney berhasil melebarkan jarak kembali dengan tembakan di bawah ring. Warriors tetap unggul 9-6 sampai Grizzlies terpaksa mengambil jeda (timeout) di menit 7:21.

Setelah jeda, Grizzlies sempat unggul 10-9. Namun, Warriors bukan tim abal-abal. Mereka tim juara NBA dengan skuat bertabur bintang. Curry dkk. mampu membalikkan keunggulan dalam sekejap. Mereka bahkan menutup kuarter itu dengan skor 30-22.

Di kuarter dua, Warriors meninggalkan Grizzlies 25-12 dengan sisa waktu tiga menit. Curry dkk. benar-benar tidak membiarkan tamunya untuk berpesta di rumah mereka. Warriors bahkan sampai meninggalkan Grizzlies dengan total margin 23 poin (61-37) di paruh pertama.

Grizzlies memulai kuarter tiga dengan baik. Mereka mencetak sembilan poin beruntun di dua menit pertama. Namun, itu tidak bertahan lama karena Warriors terus menerus menambah poin untuk menjaga asa. Mereka unggul 17 poin (84-67) ketika menutup kuarter itu.

Di kuarter empat, kedua tim bermain ketat di empat menit pertama. Mereka sama-sama mencetak delapan poin. Namun, sama seperti sebelumnya, Warriors lagi-lagi bisa mengatasi perlawanan Grizzlies meski Kepala Pelatih Steve Kerr memainkan barisan cadangan di empat menit terakhir. Mereka tetap bisa mendulang 26 poin tambahan ketika tamunya juga memetik poin serupa.

Warriors menutup pertandingan dengan kemenangan 110-93.

Selanjutnya, Warriors akan menghadapi Utah Jazz lusa. Di sisi lain, Grizzlies akan menemui Portland Trail Blazers di rumahnya di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar