IBL

Golden State Warriors semakin kukuh di puncak klasemen sementara Wilayah Barat dalam kompetisi NBA 2018-2019. Mereka bisa terus berada di sana setelah menumbangkan New Orleans Pelicans. Warriors menang 147-140 di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Rabu 16 Januari 2019 waktu setempat.

Stephen Curry, garda utama Warriors, mencetak 41 poin dari 9 tripoin. Dengan rekor itu, Curry pun menjadi pemain Warriors pertama yang mencetak sedikitnya delapan tripoin dalam tiga pertandingan beruntun. Penampilan impresifnya benar-benar membantu tim memenangkan pertandingan.

Di sisi lain, Kevin Durant, forwarda Warriors, juga tidak kalah dari Curry. Ia bisa mencetak dobel-dobel 30 poin dan 15 rebound. Klay Thompson, garda tembak, di belakangnya dengan 19 poin dan 7 asis. Draymond Green, forwarda hampir tripel-dobel dengan 17 poin, 14 asis, dan 6 rebound. Di bangku cadangan, Andre Iguodala dan Shaun Livingston menambahkan masing-masing 12 poin.

Sementara itu, Pelicans mengandalkan Anthony Davis. Forwarda andalan mereka itu mencetak 30 poin, 18 rebound, dan 7 asis. Jrue Holiday, garda utama, menyusul dengan 25 poin, 7 asis, dan 5 rebound. Julius Randle dan E’Twaun Moore juga menyumbang 18 dan 17 poin. Nikola Mirotic kemudian menjadi pemain cadangan satu-satunya dengan torehan dobel digit. Ia mencetak 29 poin tambahan yang pada akhirnya tidak bisa menghindarkan timnya dari kekalahan.

Warriors memenangkan pertandingan dengan akurasi tembakan tripoin mencapai 49 persen. Mereka meledak di paruh kedua dengan mencetak total 77 poin. Kendati begitu, Pelicans juga bukan tanpa perlawanan. Mereka bahkan memasukkan 51,4 persen tripoinnya. Secara total, Warriors dan Pelicans memasukkan 43 tripoin di pertandingan ini. Itu merupakan rekor tripoin masuk tertinggi di NBA. Sebab, rekor sebelumnya hanya 41 tripoin.

Pelicans pada awalnya membuka pertandingan dengan unggul 39-31. Saat itu, mereka bisa mencetak enam tripoin dengan memanfaatkan celah yang ditinggalkan para pemain Warriors. Holiday menyumbang dua di antaranya dan mengumpulkan 10 poin saat itu.

Di sisi lain, Tuan Rumah mendapat suntikan poin dari Thompson dan Durant yang mencetak masing-masing 11 dan 10 poin. Sementara itu, Green menjadi fasilitator bagi yang lain dengan asis-asisnya di awal pertandingan. Ia sedikitnya mengumpukan lima asis dalam enam menit.

Di kuarter dua, Pelicans melanjutkan keungulan mereka dengan mencetak 32 poin tambahan. Mereka mampu menyaingi Warriors yang mencetak 35 poin di kuarter yang sama. Pelicans bahkan sempat mencetak 12 poin beruntun sebelum Warriors memotongnya. Alhasil, Pelicans pun memimpin 71-66.

Setelah jeda, Pelicans sempat berada di atas angin. Mereka unggul 104-96 di sisa 2:19. Namun, Warriors meledak di pengujung kuarter berkat Curry dan Iguodala. Mereka bahkan sempat mencetak running points 14-3. Warriors pun akhirnya mengimbangi Pelicans 109-109.

Setelah imbang, kedua tim bermain ketat di kuarter empat dengan saling berbalas poin sampai Warriors merebut momentum. Mereka akhrinya bisa unggul 129-124 sehingga memaksa Pelicans mengambil jeda (timeout) di menit 3:51.

Setelah jeda, Pelicans rupanya tidak juga bisa menjungkirkan Warriors. Curry dkk. masih bisa menjaga momentum untuk terus unggul. Warriors pun menutup pertandingan dengan skor 147-140.

Dengan kemenangan itu, Warriors jadi pemuncak klasemen dengan rekor 31-14. Mereka masih bisa menambah kemenangan ketika menghadapi Los Angeles Clippers lusa. Sementara itu, Pelicans (21-24) akan melawat ke kandang Portland Trail Blazers di hari yang sama. (GNP)

Foto: NBA

Komentar