IBL

Golden State Warriors menggelar laga kelima musim ini dengan menjamu Washington Wizards di Oracle Arena, Oakland, California, Amerika Serikat, Rabu malam, 24 Oktober 2018, waktu setempat. Tampil dominan dengan selalu dalam posisi unggul sejak awal laga, Warriors, sang juara bertahan memenangi laga dengan skor tinggi 144-122.

Kemenangan keempat Warriors ini menjadi lebih spesial seiring banyaknya rekor-rekor baru terutama yang diciptakan oleh Stephen Curry. Ya, pada laga ini, Curry menjadi penampil terbaik sekaligus top skor tim dengan mencetak 51 poin, 5 rebound, dan 3 asis selama 32 ment bermain. Lebih gila lagi, Curry sama sekali tak turun bermain di kuarter akhir laga. Ia tercatat sebagai pemain Warriors kedua dengan poin terbanyak dalam tiga kuarter di bawah Klay Thompson yang mencetak 60 poin, 2016 lalu.

Jumlah 51 poin tersebut hanya berselisih 3 poin dengan catatan poin satu laga terbaik Curry. Catatan terbaik Curry terjadi 2013 lalu saat ia mencetak 54 poin di Madison Square Garden, markas New York Knicks.

Bapak tiga anak ini memasukkan 15/24 tembakannya secara keseluruhan dengan 11 di antaranya adalah tripoin. Lebih ajaib lagi, 11 tripoin yang masuk terebut hanya datang dari 16 percobaan atau setara dengan 68 persen akurasi. Ini menjadi kali kesembilan Curry mencatatkan 11 tripoin atau lebih dalam satu laga sepanjang karirnya. Berapa kali pemain NBA lainnya mencetak jumlah serupa dengan Curry sepanjang sejarah? Hanya ada tujuh pemain. Curry sendiri kini tercatat sebagai pemegang rekor tripoin terbanyak masuk dalam satu laga dengan 13 kali yang ia lakukan saat melawan New Orleans Pelicans 2016 silam.

Hingga laga kelima ini, Curry sudah memasukkan 33 tripoin dari 65 percobaan. Jumlah 33 tripoin tersebut sejauh ini lebih banyak dari jumlah tripoin yang dimasukkan oleh empat tim NBA lainnya, ya empat tim bukan empat pemain. Empat tim tersebut adalah Oklahoma City Thunder (26), Cleveland Cavaliers (28), Los Angeles Clippers (29), dan Pelicans (32).

Selain itu, 11 tripoin di laga ini juga membuat Curry masuk jajaran elit sejarah NBA. Curry resmi menyalip Jamal Crawford dan menempati peringkat lima pencetak tripoin terbanyak NBA dengan 2.162 kali tripoin. Daftar ini menempatkan Ray Allen di puncak dengan 2.973 tripoin yang sudah tak mungkin bertambah seiring fakta bahwa Allen tak lagi bermain di NBA. Satu-satunya pemain aktif di daftar ini adalah Kyle Korver yang menempati peringkat empat dengan 2.214 tripoin.

Selain secara personal, laga ini juga menghadirkan rekor baru untuk Warriors secara tim. Top skor tim sesudah Curry di laga ini adalah Kevin Durant dengan 30 poin dan Klay Thompson dengan 19 poin. Jika dijumlah, trio ini menciptakan 100 dari 144 poin Warriors di laga ini. Terkahir kali trio sebuah tim mencetak 100 poin di satu pertandingan terjadi pada 2009. Kala itu, Kobe Bryant (61), Pau Gasol (31), dan Trevor Ariza (13), mencetak 105 poin saat Lakers melawan Knicks.

Foto: Twitter @warriors

 

 

Komentar