IBL

Denver Nuggets bermain di kandang melawan Golden State Warriors untuk melakoni laga ketiga mereka di NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Nuggets berhasil menang atas tim super dengan skor 100-98 di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, Minggu 21 Oktober 2018 waktu setempat. Gary Harris dan Nikola Jokic menjadi dua aktor yang membuat mereka menang.

Harris, garda, 24 tahun, menjadi pencetak angka terbanyak dengan 28 poin. Sementara itu, Jokic mengoleksi dengan dobel-dobel 23 poin dan 11 rebound plus 6 asis. Mason Plumlee, pemain pengganti, lalu menambahkan 11 poin.

Di kubu Warriors, pemain terbaik NBA dua kali, Stephen Curry, mencetak 30 poin, 6 asis, dan 4 rebound di pertandingan ini. Kevin Durant hampir mencetak tripel-dobel dengan 20 poin, 11 rebound, dan 7 asis. Klay Thompson menambahkan 15 poin dan 7 rebound, tetapi tambahan itu tidak juga membuahkan kemenangan.

Nuggets memenangkan pertandingan karena berhasil memperbaiki penampilan mereka di kuarter dua. Mereka mengambil momentum lawan dengan bertahan sebaik mungkin, lalu mencuri total 11 bola dan menyebabkan lawannya melakukan 19 kesalahan (turnover) di pertandingan ini. Nuggets bahkan berhasil menahan tembakan-tembakan tripoin tamunya—yang notabene merupakan keahlian mereka—sehingga Warriors hanya bisa memasukkan 7 dari 29 percobaan.

Kendati begitu, Warriors bisa memimpin di kuarter satu (25-17). Mereka awalnya memanfaatkan rapuhnya pertahanan lawan dengan menyerang ke dekat ring. Pasukan Kepala Pelatih Steve Kerr itu sedikitnya memasukkan setengah tembakan mereka dan mendulang 14 poin dari area tersebut.

Di sisi lain, selain tampil dengan pertahanan yang rapuh, Nuggets juga kesulitan mencetak poin di kuarter itu. Field goal mereka rendah di angka 13 persen (3/23). Namun, Nuggets beruntung mendapat suntikan poin dari lemparan bebas sehingga hanya tertinggal delapan poin. Mereka memetik 10 poin dari 16 lemparan bebas.

Di kuarter dua, Warriors mendadak kesulitan mencetak poin. Mereka gagal memanfaatkan 13 kesempatan, termasuk enam tripoin. Secara keseluruhan, Warriors hanya memasukkan 2 dari 11 tembakan dari belakang garis busur sampai di kuarter tersebut. Padahal mereka selama ini terkenal sebagai tim dengan tembakan-tembakan jarak jauh yang akurat. Stephen Curry dan Klay Thompson saja sampai dijuluki Splash Brothers, tetapi mereka justru tidak menunjukkannya di pertandingan ini.

Sementara itu, Nuggets tampil beda setelah jeda. Mereka mampu memperbaiki pertahanan dan menajamkan serangan sehingga skor hanya terpaut dua poin. Warriors unggul 49-47.

Namun begitu, Nuggets sebenarnya bisa lebih baik andai mereka memanfaatkan lemparan bebasnya. Tim asuhan Kepala Pelatih Michael Malone itu memiliki 26 kesempatan, tetapi hanya memasukkan 14. Tembakan tripoin mereka juga sama buruknya dengan Warriors. Nuggets hanya memasukkan 3 dari 17 percobaan di dua kuarter awal.

Warriors berusaha untuk terus memimpin dengan melepaskan sembilan tripoin lagi di kuarter tiga, tetapi hanya satu yang menemui sasaran. Akibatnya, Nuggets pun berhasil menyusul mereka dan sempat memimpin 73-65 di menit keempat sampai akhirnya Warriors mengambil jeda (time out).

Setelah jeda, Warriors tidak juga membaik. Nuggets justru terus memanfaatkan itu untuk terus menjauh 80-70. Hal itu bisa terjadi karena mereka memperbaiki pertahanan sebelumnya. Mereka bahkan telah mencuri 10 bola dan membuat Warriors melakukan 16 kali kesalahan (turnover) sampai di kuarter tiga. Sayangnya, Nuggets lagi-lagi tidak memanfaatkan kesempatan mereka semaksimal mungkin dan hanya mencetak dua poin dari sana.

Kuarter empat menjadi babak penentuan. Warriors punya waktu 12 menit lagi untuk menggulingkan Tuan Rumah di hadapan penggemarnya sendiri. Mereka mulanya mendekat 91-95 di sisa 3,5 menit terakhir hingga Steve Kerr kembali mengambil jeda. Mereka lantas menumbuhkan harapan setelah one-handed-dunk Andre Iguodala membuat skor imbang 95-95. Teriakan penonton pun pecah di gelanggang dan semakin kencang di detik-detik terakhir.

Warriors terus berusaha, tetapi Nuggets unggul 99-98 dengan sisa sembilan detik. Harris, Jokic dkk. menguasai bola terakhir, Warriors melakukan sacrifice foul. Nuggets lalu memasukkan satu lemparan bebas dari pelanggaran itu dan pertandingan pun berakhir setelah Warriors sekali lagi mencoba peruntungannya, tetapi tidak berhasil karena Juan Hernangomez memblok tembakan Damian Jones.

Nuggets menang 100-98.

Dengan demikian, Nuggets pun belum terkalahkan di tiga pertandingan pertamanya di NBA 2018-2019. Mereka akan membawa tren ini untuk menghadapi Sacramento Kings lusa. Sementara itu, Warriors—yang tengah mengoleksi 2 kemenangan dan 1 kekalahan—akan melawan Phoenix Suns besok.

Foto: NBA

Komentar