IBL

Phoenix Suns adalah salah satu tim yang cukup sibuk membangun skuat di jeda musim ini. Prestasi yang terus memburuk dalam sembilan musim terakhir menjadi alasan utama manajemen melakukan pergerakan masif kali ini. Dimulai dari perekrutan kepala pelatih, Igor Kokoskov, yang diikuti juga merapatnya mantan Kepala Pelatih Milwaukee Bucks, Joe Prunty, hingga deretan pemain seperti Deandre Ayton dan Trevor Ariza merupakan deretan pergerakan mereka.

Pada 31 Agustus 2018 lalu, Suns kembali bergerak di pasar pemain dengan melakukan pertukaran. Pertukaran kali ini mereka lakukan dengan juara musim reguler Wilayah Barat, Houston Rockets. Dua pemain, Brandon Knight dan Marquese Chriss mereka kirim untuk ditukar dengan Ryan Anderson dan ruki, De’Anthony Melton.

Kepergian Knight membuat Suns tidak lagi memiliki deretan garda yang mumpuni untuk menghadapi persaingan Wilayah Barat. Dari daftar pemain yang ada, Suns hanya memiliki Isaiah Canaan di posisi garda pertama (point guard) yang berstatus veteran. Sisanya, Elie Okobo dan Melton yang sama-sama berstatus ruki.

Berdasarkan susunan pemain itu, Arizona Sports mengabarkan manajemen Suns sedang menjajaki tiga pemain, Cory Joseph, Patrick Beverley, dan Spencer Dinwiddie. Meski masuk dalam daftar veteran, ketiga pemain ini tidak bisa dibilang sebagai garda dengan peran besar di tim masing-masing.

Beverley yang kini membela Los Angeles Clippers menghabiskan mayoritas musim lalu di ruang perawatan. Saat sehat, ia juga mendapatkan persaingan dengan kehadiran Milos Teodosic. Joseph yang sempat meraih gelar juara bersama San Antonio Spurs juga setali tiga uang. Ia lebih banyak menghiasi bangku cadangan setelah kalah bersaing dengan Darren Collison. Belum lagi, tim terkini Joseph, Indiana Pacers baru saja memilih Aaron Holiday di NBA Draft 2018, yang berposisi sebagai garda.

Dinwiddie bisa dibilang yang terbaik di antara dua pemain sebelumnya. Cedera yang mendera D’Angelo Russell musim lalu membuatnya mendapatkan menit bermain lebih dan berhasil membalas dengan kontribusi yang luar biasa. Rata-rata bermain selama 28,8 menit per laga, Dinwiddie menorehkan 12,6 poin dan 6,6 asis per laga. Aspek asis yang cukup tinggi tersebut bisa menjadi poin penting untuk Suns.

Di deretan pemain Suns terbaru, mereka memang membutuhkan seorang fasilitator. Untuk urusan mencetak angka, pemain-pemain seperti Devin Booker, Trevor Ariza, Ayton, bahkan Josh Jackson rasanya sudah cukup bisa diandalkan.

Menarik menunggu siapa yang akhirnya dipilih oleh manajemen Suns untuk menambah kekuatan mereka. Selain itu, status ketiganya yang masih memiliki kontrak dengan tim masing-masing jelas membuat Suns harus melakukan pertukaran bila ingin mendapatkan jasanya. Siapa dan apa yang diberikan oleh Suns kepada tim yang menaungi pemain-pemain tersebut juga sangat layak dicermati.

Foto: NBA, SLAM

 

Komentar