TIMNAS

Phoenix Suns adalah salah satu tim yang konsisten untuk tampil berantakan dalam beberapa musim terakhir. Dalam tiga musim terakhir, mereka selalu menjadi tim paling buncit di klasemen Wilayah Barat. Bahkan, sejak terakhir kali lolos ke playoff pada 2010, prestasi finis terbaik tim ini adalah peringkat sembilan, dan hanya terjadi sekali pada musim 2013-2014.

Musim lalu, harapan tinggi sempat tersemat kepada tim ini. Pasalnya, mereka mendapatkan hak memilih pertama di NBA Draft 2018 yang berujung kepada pemilihan senter, Deandre Ayton. Selain Ayton, tim ini sudah memiliki bintang utama dalam sosok Devin Booker dan deretan pemain muda potensial lain seperti Josh Jackson, Dragan Bender, Tyler Johnson, dan Kelly Oubre. Sayangnya, tim ini kembali berjumpa dengan dasar klasemen.

Selain cedera, salah satu alasan yang kerap terucap mengapa Suns kembali gagal musim ini adalah komposisi tim ini. Suns tidak memiliki satu pun pemain yang memiliki tipe permainan sebagai fasilitator. Dalam beberapa kesempatan, bahkan Devin Booker harus memerankan tugas ini. Hal yang membuat pola permainan Suns berkutat di situ-situ saja dan semakin mudah terpatahkan.

Oleh karena itu, di pasar pemain bebas nanti, Suns siap mengejar deretan fasilitator ulung NBA. Dilansir Arizona Sports Station, sudah ada empat nama yang berada dalam radar Suns. Patrick Beverley, Darren Collison, Cory Joseph, dan Ricky Rubio. Kebetulan, empat pemain ini sama-sama akan berstatus unrestricted free agent di pasar pemain bebas nanti.

Empat pemain ini memiliki gaya bermain yang berbeda meski secara tugas bisa dibilang sama-sama fasilitator. Jika benar-benar mencari pemain yang tidak egois dan mengutamakan mencari teman terbaik untuk melepaskan tembakn, maka Ricky dengan rataan nyaris delapan asis per gim adalah pilihan terbaik.

Patrick akan menjadi pilihan terbaik jika Suns ingin mencari garda dengan kemampuan bertahan yang mumpuni dan sebagai sosok pembakar semangat tim. Cory memiliki rataan akurasi tripoin terbaik di antara nama-nama di atas, ia bisa berguna sebagai opsi menembak lain dalam tim. Sementara Darren adalah sosok atletis yang cocok dalam permainan cepat.

Kepada siapa Suns menjatuhkan pilihan akan menarik untuk ditunggu. Di sisi lain, tim in juga memiliki hak memilih nomor enam di NBA Draft 2019 yang dapat mereka gunakan sendiri atau sebagai alat tukar demi garda yang lebih baik. Menarik melihat upaya Suns “mentas” dari dasar klasemen Wilayah Barat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar