IBL

Perjalanan pencarian kepala pelatih baru Phoenix Suns akhirnya menemui titik terang. Setelah sempat mewawancarai sederet pelatih yang telah malang melintang di NBA seperti Mike Budenholzer, Suns akhirnya mengumumkan kesepakatan mereka dengan pelatih baru. Sosok nakhoda baru tersebut adalah Igor Kokoskov.

Kokoskov sendiri kini masih berstatus sebagai asisten pelatih Quinn Snyder di Utah Jazz. Keduanya berhasil membawa Jazz melaju ke semifinal musim ini dengan deretan pemain yang tidak bisa disebut mentereng. Terpilihnya Kokoskov membuat ia menjadi orang pertama kelahiran luar Amerika Utara yang berhasil menjadi kepala pelatih di NBA.

“Kami sangat senang dapat membawa pulang salah satu penduduk Arizona ke Phoenix,” ujar Manajer Umum Suns, Ryan McDonough, dalam rilis resmi NBA. “Kokoskov telah menjadi salah satu sosok penting di basket khususnya di Amerika Serikat dan saya harap ia mampu menularkan pengalamannya ke tim ini. Meski terkenal sebagai asisten pelatih di beberapa tim NBA, pengalamannya sebagai kepala pelatih Slovenia di EuroBasket 2017 sudah cukup berbicara banyak. Kokoskov juga sosok yang tepat dalam mengembangkan talenta-talenta muda dan gaya bermain yang cukup mengalir.”

Prestasi Kokoskov memang tidak bisa dipandang remeh. Pria berusia 46 tahun ini telah berkecimpung di NBA selama 18 tahun bersama enam tim. Di semua tim tersebut, ia selalu menjadi asisten pelatih. Kokoskov juga menjadi bagian dari tim pelatih Detroit Pistons saat meraih gelar juara pada musim 2003-2004 silam. Lalu, perjalanannya membawa Slovenia juara EuroBasket 2017 membuat portofolio sang pelatih makin mentereng.

Untuk sementara, Kokoskov masih akan menyelesaikan tugasnya bersama Jazz di musim ini. Sesudahnya, ia akan mendapat tugas pertama yang dirasa cukup berat karena harus menentukan pemain mana yang akan dipilih tim di NBA Draft mendatang. Suns kemungkinan besar akan mendapatkan jatah memilih di tiga besar bahkan berpeluang menjadi yang pertama di NBA Draft yang akan digelar Juni mendatang.

Foto: NBA

Komentar