IBL

Tim putra 3X3 Indonesia memainkan laga ketiga di cabang bola basket 3x3 Asian Games 2018. Berhadapan dengan Cina, di Tennis Center Court, Jumat, 24 Agustus 2018, Indonesia kalah 13-22. Sebelumnya, Indonesia sudah melakoni dua laga melawan Vietnam dan Thailand. Dalam laga melawan Vietnam, Indonesia berhasil menang 21-8. Sementara kala berjumpa Thailand, Indonesia harus menyerah 17-15. 

Tiga pemain Indonesia, Agassi Goantara, Vincent Rivaldi Kosasih, dan Erick Jonathan Gosal mencetak empat poin. Sementara Rivaldo Pangesthio hanya mampu menyumbang satu poin. Dari kubu Cina, Xiao Hailiang menjadi top skor tim dengan 10 poin. Huang Wenwei dan Zeng Binqiang sama-sama mencetak lima poin dalam laga ini. Sisa dua poin lainnya dibukukan oleh Cheng Gong.

Indonesia membuka laga melalui tembakan dua angka Vincent Kosasih. Cina membalik keadaan 6-3 empat menit kemudian melalui layup dari Cheng Gong. Indonesia berusaha mengejar melalui tembakan dua angka Agassi Goantara namun Cina langsung membalas dengan cara yang sama melalui Xiao Hailiang. Cina menjauh 12-5, kembali melalui dua angka Hailiang saat laga tersisa lima menit.

Agassi menambah poin Indonesia melalui layup memanfaatkan umpan Rivaldo Pangesthio. Namun, Cina kembali menjauh 14-8 melalui layup akrobatik Huang Wenwei. Hailiang menjadi momok pertahanan Indonesia setelah mencetak layup dan tambahan satu tembakan gratis di sisa tiga menit laga, Cina menjauh 16-9.

Indonesia berusaha menjaga asa melalui tembakan dua angka Erick Gosal saat laga tersisa dua menit. Sayangnya, Cina benar-benar langsung membalas poin Gosal dengan cara yang sama melalui Gong dalam hitungan detik. Cina akhirnya memastikan kemenangan 22-13 melalui tembakan dua angka Hailiang  saat laga masih tersisa 1:24.

Kekalahan ini memupus harapan Indonesia untuk lolos ke babak perempat final karena sudah menderita dua kekalahan. Dengan hanya dua wakil yang lolos dari grup A, bisa dipastikan dua tiket tersebut jatuh ke tangan Thailand dan Cina yang sama-sama sudah menorehkan tiga kemenangan. Indonesia masih menyisakan satu laga hari ini melawan Sri Lanka.

Menutup Perjalanan dengan Kemenangan

Sekitar satu jam berselang, Indonesia kembali ke lapangan untuk memainkan partai keempat sekaligus terakhir mereka di Asian Games 2018 melawan Sri Lanka. Unggul secara postur dan fisik, Indonesia menguasai pertandingan dan menutup laga dengan kemenangan 18-12.

Agassi Goantara menjadi top skor Indonesia dengan mencetak enam poin. Vincent Kosasih menyusul dengan tambahan lima poin sementara Erick Gosal mengemas empat poin. Tiga poin tersisa dibukukan oleh Rivaldo Pangesthio. Sri Lanka masih mengandalkan Brent Thevakumar yang mencetak tujuh poin. Lima poin tersisa dibagi kepada tiga pemain lainnya.

Indonesia membuka laga dengan empat poin cepat dalam satu menit pertama yang disumbangkan Agassi Goantara dan Vincent Kosasih. Sri Lanka kesulitan menemukan celah yang tepat untuk menembak hanya mampu mencetak dua poin di tiga menit pertama, Indonesia unggul 8-2.

Sri Lanka terus berupaya menipiskan ketinggalan mereka jelang laga tersisa lima menit. Tembakan dua angka dari Brent Thevakumar mampu menipiskan ketinggalan Sri Lanka menjadi 4-9. Indonesia kembali menjauh 13-4 melalui poin-poin dari Erick Gosal dan Rivaldo Pangesthio di sisa tiga menit laga. Indonesia terus menjaga jarak tersebut dan menutup laga dengan kemenangan 18-12.

Kemenangan ini menjadi pelipur lara dan memperbaiki catatan Indonesia secara keseluruhan. Dalam empat laga, Indonesia berhasil menang dua kali. Di sisi lain, kemenangan ini sekali lagi tidak dapat meloloskan Indonesia ke babak selanjutnya.

“Saya pribadi minta maaf bagi seluruh pendukung Indonesia karena kami gagal memenuhi ekspetasi dan target yang sudah ditetapkan. Tapi kami berjanji kami akan memperbaiki diri di masa mendatang,” kata Rivaldo Pangesthio seusai laga kepada Mainbasket.

Di cabang basket 3X3, Indonesia belum habis. Tim putri yang sudah memastikan diri lolos ke babak selanjutnya masih menyisakan satu laga melawan Korea, Sabtu, 25 Agustus 2018.

Foto: Mei Linda, Hariyanto

 

Komentar