IBL

Cleveland Cavaliers berhasil mengimbangi Boston Celtics 2-2 di final Wilayah Timur NBA Playoff 2018. Hasil itu mereka dapat setelah menang 111-102 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Senin malam, 21 Mei 2018 waktu setempat.

Dalam pertandingan ini, LeBron James kembali menjadi aktor kemenangan utama. Ia mengoleksi angka terbanyak dengan 44 poin, bahkan menciptakan rekor baru dengan memasukkan tembakannya yang ke-2357 di playoff. Dengan total tembakan masuk itu, James menggeser Kareem Abdul-Jabbar di posisi pertama dalam jumlah field goal made.

Efisiensi James di pertandingan ini juga menjadi salah satu faktor kemenangan Cavs. Di paruh pertama, misalnya, ia sudah mencetak 22 poin dengan memasukkan 8 dari 11 tembakannya. Secara keseluruhan di pertandingan ini, persentase tembakan James mencapai 60,7 persen (17/28).

Selain itu, Cavs berhasil memaksimalkan peran James setelah Marcus Morris, forwarda Celtics, terkena tiga pelanggaran di kuarter pertama. Mau tidak mau, Morris pun menahan diri untuk menjaga James, sehingga ia perlu melakukan pergantian kawalan dengan Terry Rozier III dan Jaylen Brown yang secara fisik tidak sebanding dengan Sang Raja.

Sementara pemain Celtics sibuk menjaga James secara bergantian, Kyle Korver, garda tembak Cavs, memanfaatkan ruang terbuka untuk melepaskan tembakan dari jarak menengah dan jauh. Ia mencetak 14 angka di pertandingan ini dengan sedikitnya memasukkan 4 dari 7 tembakan, sehingga dengan itu, fokus pemain Celtics pun terpecah: antara menjaga James atau pemain lainnya seperti Korver. Alhasil, ruang-ruang tembak pun semakin terbuka bagi Cavs. Mereka memasukkan 41 tembakan dari total 81 (50,6 persen).

Selain James dan Korver. George Hill juga menyumbang dobel digit angka dengan 13 poin. Tristan Thompson lalu mencetak dobel-dobel 13 poin dan 12 rebound. Sementara itu, di kubu Celtics, Jaylen Brown mencetak angka terbanyak dengan 25 poin. Namun, perolehan itu tidak cukup untuk mengalahkan James dan Cavs hari ini.

Kini, kedudukan imbang 2-2 sehingga pertandingan berlanjut ke gim kelima. Pertandingan selanjutnya akan berlangsung lusa di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Foto: NBA

Komentar