IBL

Cleveland Cavaliers hampir saja tumpas di tangan Boston Celtics andai LeBron James tak tampil ganas di gim keenam. James, forwarda Cavs, berhasil memaksa lawannya tunduk setelah mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 109-99 di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat, Jumat malam, 25 Mei 2018 waktu setempat.

James hampir mencetak tripel-dobel dengan 46 poin, 11 rebound, dan 9 asis di pertandingan ini. Perolehan poin itu sekaligus membuatnya mengimbang rekor Michael Jordan yang mencetak tujuh 40+ poin di satu rangkaian playoff. James bahkan bisa menyamai atau melewati rekor Jerry West di posisi pertama dengan delapan 40+ poin. Syaratnya, ia harus tampil sama ganasnya seperti hari ini di gim selanjutnya.

Dengan perolehan itu pula, James memaksa Celtics untuk melakoni gim ketujuh. Kini, rekor mereka imbang 3-3. Padahal Celtics selangkah lagi menuju final NBA jika memenangkan pertandingan hari ini. Namun, James menjadi momok mengerikan setelah sedikitnya memasukkan 17/33 tembakannya hari ini, termasuk 5/7 tripoin. Para pemain Celtics yang bergantian mengawal hampir tidak bisa menghentikannya.

Di paruh pertama, misalnya, James sudah mengumpulkan 25 poin. Padahal Celtics sempat unggul 30-24 di sisa waktu 10:12 di kuarter dua. Cavs baru bisa membalikkan keadaan setelah James dkk. mencetak running point 30-13 di sisa waktu kuarter itu. Cavs pun memimpin 54-43.

Selain James, tiga pemain lainnya juga memberi dobel digit poin. George Hill, misalnya, menyumbang 20 poin di gim ini. Padahal sebelumnya, paling banyak ia hanya mencetak 13 poin. Akan tetapi, bermain di kandang tampaknya membuat ia percaya diri. Menurut catatan, selama bermain di kandang ia memasukkan 17/32 tembakannya. Jumlah itu terlihat lebih banyak jika dibandingkan dengan gim tandang (4/13).

Jeff Green dari bangku cadangan lalu memberi 14 poin. Sementara itu, Larry Nance Jr. mengemas 10 poin dengan memasukkan semua tembakannya di pertandingan ini. Ia juga mengambil tujuh bola pantul yang empat di antaranya ia raih dari offensive rebound.

Bangkitnya para pemain pengganti Cavs menjadi bantuan lain yang membuat tim ini menang. Secara keseluruhan, mereka mencetak 36 poin di pertandingan ini. Sayangnya, Cavs mesti kehilangan Kevin Love di awal pertandingan lantaran mengalami benturan di kepala dengan ruki (rookie) Celtics, Jayson Tatum. Love hanya bisa bermain selama lima menit dan keluar di sisa pertandingan.

Sementara itu, di kubu Celtics, pemain muda Terry Rozier III, Jaylen Brown, dan Jayson Tatum menjadi trisula pendulang poin. Rozier mencetak 28 ketika Brown dan Tatum masing-masing 27 dan 15 poin. Sayangnya, perolehan itu tidak cukup untuk mengungguli Cavs hari ini.

Dengan hasil imbang ini, pertandingan pun berlanjut ke gim ketujuh di kandang Boston lusa.

Foto: NBA

Komentar