IBL

Boston Celtics harus kalah dua kali beruntun dari Cleveland Cavaliers pada laga tandang di final Wilayah Timur. Namun, kembali ke rumah di pertandingan kelima justru membuat Celtics mendapatkan tuahnya lagi. Mereka menang 96-83 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Rabu malam, 23 Mei 2018 waktu setempat; membuat kedudukan menjadi 3-2 dalam format pertandingan tujuh terbaik (best of seven).

Ruki (rookie) Celtics, Jayson Tatum, menunjukkan tajinya di pertandingan ini. Ia sukses memasukkan sedikitnya 7/15 tembakan dan 7/8 lemparan bebas di pertandingan ini. Dari sana, ia pun mendulang 24 poin dengan tambahan 7 rebound, 4 asis, dan 4 steal.

Selain Tatum, barisan utama seperti Al Horford, senter senior Celtics, membantu tim dengan dobel-dobel 15 poin dan 12 rebound. Jaylen Brown lalu menambahkan 17 poin meski hanya memasukkan 4 dari 15 tembakannya. Aron Baynes dan Terry Rozier III total 14 poin.

Kelima pemain di atas menampilkan permainan solid di pertandingan ini. Mereka berhasil mencetak 13 tripoin sementara Cavs tertahan di angka sembilan. Hal itu terjadi karena pertahanan Celtics menyulitkan mereka untuk menembak dari jarak jauh. Secara keseluruhan, tim asal Ohio itu hanya mencetak 23/91 (25,3 persen) tripoinnya di TD Garden selama final wilayah musim ini.

Sementara itu, untuk mengantisipasi serangan ke dalam, Kepala Pelatih Brad Stevens sengaja memasang Aron Baynes di posisi power forward. Padahal di pertandingan sebelumnya, sang pelatih selalu memasang Marcus Morris di posisi itu, terutama untuk menjaga LeBron James. Akan tetapi, Stevens membutuhkan penyesuaian untuk bisa mengambil satu kemenangan kandang lagi. Ia pun menarik Morris ke bangku cadangan.

Kendati demikian, Marcus Morris dan rekannya dari bangku cadangan, Marcus Smart, tetap memberikan kontribusinya. Duo Marcus ini sama-sama mencetak 13 poin.

Di sisi lain, LeBron James kembali bekerja keras sendirian. Ia mencetak 24 poin dengan memasukkan 11 tembakan dari 22 percobaan. Sementara itu, selain Kevin Love (14), rekan-rekannya tidak ada yang bisa mencetak dobel digit angka. Produktivias poin pemain lainnya sama buruk dengan dua kekalahan pertama mereka di TD Garden. George Hill dan J.R. Smith, misalnya, hanya dapat memasukkan total 2 dari 11 tembakan di pertandingan ini.

Dengan buruknya penampilan itu, Cavs pun gagal melanjutkan tren kemenangan mereka sejak dua pertandingan sebelumnya. Kini, Celtics yang unggul 3-2 hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk melaju ke final NBA. Pertandingan keenam akan berlangsung lusa di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, Amerika Serikat.

Foto: NBA

Komentar