IBL

Boston Celtics kembali menumbangkan Cleveland Cavaliers di final Wilayah Timur. Kini, mereka menang 107-94 di TD Garden, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat, Selasa malam, 15 Mei 2018 waktu setempat. Mereka pun unggul 2-0 dan hanya membutuhkan dua kemenangan lagi untuk melaju ke final NBA.

Jaylen Brown, garda Celtics, lagi-lagi menjadi pencetak angka terbanyak di timnya dengan 23 poin. Bermain selama 35 menit 10 detik, sedikitnya ia memasukkan setengah dari tembakannya di pertandingan ini (9/18). Belum lagi ia juga berhasil menjadi pengumpul bola pantul kedua terbanyak hari ini dengan total tujuh rebound.

Di sisi lain, garda utama Terry Rozier III menyumbang 18 poin untuk Celtics. Senter veteran Al Horford mencetak dobel-dobel 15 poin dan 10 rebound. Marcus Morris, yang tampil sebagai pemain utama di dua pertandingan terakhir, mencetak 12 poin. Sementara itu, Jayson Tatum dan Marcus Smart sama-sama mencetak 11 poin. Smart bahkan hampir dobel-dobel dengan tambahan sembilan asis.

Meski memenangkan pertandingan, Celtics sebenarnya mendapat tekanan dari Cavs di paruh pertama. Tim tamu unggul lebih dulu (55-48) dengan megabintang LeBron James sebagai poros permainan. Pemain berjuluk Sang Raja itu telah mengoleksi 25 poin, 6 asis, dan 4 rebound di paruh pertama.

Petaka bagi Cavs, tuan rumah mengubah ketertinggalan tujuh poin menjadi keunggulan di kuarter tiga. Tripoin Marcus Smart di sisa 4 menit 34 detik membuat Celtics unggul pertama kalinya sejak tertinggal di paruh pertama. Secara keseluruhan, mereka meninggalkan Cavs 36-22 di kuarter itu sehingga bisa balik memimpin 84-77.

Di kuarter empat, Kepala Pelatih Brad Stevens tetap mengandalkan barisan pemain muda Celtics untuk melawan James dan kroninya. Ia mengaku percaya kepada anak-anak asuhnya, dan itu terbukti di pertandingan ini.

“Untuk orang seperti Jayson Tatum, ini hal baru, tetapi pikiran mereka masih segar, dan pada akhirnya, ketika mereka menjadi seorang pemain basket, mereka akan melangkah ke sana, mereka punya sesuatu yang mesti dilakukan, mereka menyiapkan semuanya dengan baik, dan tinggal bermain,” ujar Stevens sebelum pertandingan kedua hari ini, seperti dikutip USA TODAY.

Dengan kepercayaan itu, Celtics pun berhasil memenangkan pertandingan. Mereka masih terlalu kuat untuk Cavs meski James mencetak tripel-dobel ketiganya di playoff musim ini dengan 42 poin, 12 asis, dan 10 rebound. Kevin Love, forwarda Cavs, bahkan menambahkan dobel-dobel 22 poin dan 15 rebound. Namun, pemain lainnya justru tidak mampu mencetak lebih dari 10 poin. Kecuali Kyle Korver dengan 11 poin.

Kini, Cavs pun tertinggal 0-2, tapi memiliki kesempatan membalikkan keadaan di pertandingan ketiga. Kemungkinan itu masih terlihat terutama karena Cavs akan bermain di kandang. Pertandingan selanjutnya akan berlangsung di Quicken Loans Arena, Cleveland, Ohio, pada Sabtu, 19 Mei 2018 waktu setempat.

Foto: NBA 

Komentar