IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta membuat penampilan gemilang di pertandingan pembuka hari kedua IBL 2021 seri keempat, Selasa siang. Pelita Jaya berhasil mengatasi perlawanan Prawira Bandung dengan skor akhir 81-79, yang menjadi kemenangan ke-13 mereka di musim reguler 2021. Pelita Jaya juga mencetak sembilan kemenangan beruntun musim ini.

Penampilan luar biasa ditunjukkan pemain Pelita Jaya. Andakara Prastawa mencetak 19 poin, 6 asis, 3 steal, dan 1 blok. Agassi Yeshe Goantara menyelesaikan laga dengan torehan 16 poin, 7 asis, dan 1 steal. Sementara Vincent Kosasih memperkuat paint area Pelita Jaya dengan menambahkan 14 poin, 9 rebound, 1 asis dan 1 blok.

Salah satu kunci kemenangan Pelita Jaya kali ini adalah penguasaan paint area yang baik. Di babak pertama, Pelita Jaya mengoleksi 27 rebound, termasuk 15 ofensif rebound. Mereka membuat 14 poin dari kesempatan kedua dan unggul 50-39 saat turun minum. Tapi di babak kedua, Pelita Jaya kehilangan konsentrasi dalam bertahan.

"Defense harus lebih baik di babak kedua. Karena kami masih sering bocor dalam pertahanan," kata kepala pelatih Pelita Jaya, Octaviarro Romely Tamtelahitu, di jeda pertandingan.

Prawira mencoba mengacaukan konsentrasi Pelita Jaya dengan melambatkan tempo permainan. Pelita Jaya terjebak dengan strategi tersebut. Karena di tiga menit terakhir kuarter ketiga, Prawira secara mengejutkan menyerang dengan bertubi-tubi. Hanya butuh dua menit bagi Prawira untuk mencetak 11 poin, sekaligus memotong jarak jadi tiga poin (59-62).

Di kuarter keempat, Prawira juga membuat pertandingan memanas di dua menit terakhir. Layup dari Abraham Damar Grahita menyamakan kedudukan jadi 79-79. Tetapi justru yang terjadi sebaliknya. Prawira kurang tenang dalam penyelesaian akhir. Mereka terlalu terburu-buru. Sementara Vincent Kosasih bisa menambahkan dua poin untuk mengunci kemenangan Pelita Jaya.

Dari kubu Prawira, Abraham Damar Grahita mencetak 26 poin, 8 rebound, 3 asis, dan 2 steal. Tetapi Abraham menyumbang enam turnover dari total 19 turnover Prawira di pertandingan tersebut. Diftha Pratama menghasilkan 20 poin dan 8 rebound. Disusul Firman Dwi Nugroho dengan 10 poin.

Dari hasil pertandingan hari ini, maka Pelita Jaya sudah mengamankan tiket playoff. Mereka tinggal menyisakan dua laga lagi untuk dimenangkan agar tetap di puncak klasemen Divisi Merah. Berikutnya, Pelita Jaya akan berhadapan dengan Indonesia Patriots (8 April 2021) dan Amartha Hangtuah Jakarta (9 April 2021). (tor)

Foto: Hariyanto - IBL Indonesia

Komentar