IBL

Sejak bergabung di gelembung IBL, di Robinson Cisarua Resort, Bogor, Pelita Jaya Bakrie Jakarta langsung mengejar ketertinggalan dari tim-tim lainnya. Seperti hari ini, Pelita Jaya sukses mencetak tiga kemenangan beruntun, setelah mengalahkan Satya Wacana Saints Salatiga dengan skor akhir 89-61.

Agassi Goantara menjadi top skor di laga ini mencetak 22 poin dengan akurasi tripoin 4/7. Disusul Andakara Prastawa Dhyaksa menambahkan 16 poin. Selain itu ada Reggie Mononimbar yang mencetak 13 poin dan M. Hardian Wicaksono menyumbang 12 poin. Sebaliknya, di tim Satya Wacana ada Febrianus Khiandio yang mencetak 18 poin, diikuti Alexander Franklyn dengan sumbangan 13 poin dari bangku cadangan.

Satya Wacana sempat memberikan perlawanan di kuarter pertama. Tapi Pelita Jaya bisa unggul 21-16 di kuarter tersebut. Setelah itu, Pelita Jaya melesat 24-5 di kuarter kedua. Menurut Agassi, ini terjadi setelah Pelita Jaya membenahi strategi pertahanan.

"Satya Wacana tim yang bagus, mereka bisa run and gun. Kami sempat kurang bagus dalam defense di kuarter pertama. Lalu seiring pertandingan berjalan, kami benahi defense dan kami bisa menang," kata Agassi Goantara.

Pertahanan Pelita Jaya yang bagus membuat Satya Wacana hanya mencetak 22 poin dari paint area. Meski kecolongan tujuh tripoin, tapi tidak masalah bagi Pelita Jaya. Mereka tetap dominan di paint area. Soal pertahanan, kepala pelatih Octaviarro Romely Tamtelahitu menjelaskan bahwa dirinya menekankan agar transisi bertahan harus lebih cepat dari serangan lawan.

"Hari ini kami mendapatkan banyak pelajaran. Tapi kalau soal pertahanan, secara logika setelah menyerang, kami lebih dekat dengan ring kami sendiri. Jadi saya tidak terima kalau lawan lebih cepat dari kami," tegasnya.

Pelita Jaya hari ini mencetak 40 poin di paint area dengan mengumpulkan 64 rebound. Pertahanan Pelita Jaya juga bisa memaksa Satya Wacana melakukan 28 turnover. Pelita Jaya juga membuat 20 poin dari kesempatan kedua dan 22 poin dari fast-break.

Untuk pertandingan berikutnya, Pelita Jaya akan berhadapan dengan NSH Montain Gold Timika pada Minggu malam. Di hari yang sama, Satya Wacana berjumpa Amartha Hangtuah Jakarta. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan

 

Komentar