IBL

Partai tunda antara Pelita Jaya Bakrie Jakarta melawan Bali United Basketball hari ini membuat semua kontestan sudah menjalani 12 pertandingan di musim reguler IBL 2021. Berkat kemenangan 75-64 atas Bali United, Pelita Jaya sudah mengunci satu tiket playoff. Pelita Jaya menjadi tim terbaik di liga sampai seri ketiga. Mereka hanya kalah sekali dari 12 laga.

Karena terlambat memasuki gelembung IBL, Pelita Jaya harus menjalani partai tunda di setiap jeda seri. Namun setelah kemenangan hari ini, maka Pelita Jaya sudah menuntaskan semua partai tunda tersebut. Andakara Prastawa dan kawan-kawan sapu bersih semua partai tunda yang mereka jalani.

Pertama, Pelita Jaya mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dengan skor 69-94, pada 17 Maret 2021. Kemudian mereka menang 77-70 atas Louvre Dewa United Surabaya (25 Maret 2021). Setelah itu, kemarin malam (2 April 2021), Pelita Jaya menang 71-63 atas Bank BPD DIY Bima Perkasa. Dan, yang terakhir hari ini mereka menang melawan Bali United.

Pada pertandingan melawan Bali United. Pelita Jaya langsung tancap gas di kuarter pertama. Mereka unggul 23-8 saat kuarter pertama usai. Ragil, Reggie dan Agassi sama-sama mencetak enam poin di kuarter pertama. Bali sempat memberikan perlawanan di kuarter kedua. Di menit keempat, mereka melaju 9-0 lewat performa menawan Yerikho. Bali mendekat lima poin (24-29). Sayangnya momentum tersebut lepas begitu saja. Pelita Jaya unggul 11 poin (39-28) saat turun minum.

"Masih ada yang perlu diperbaiki dari tim kami. Contohnya di babak pertama, para pemain kurang agresif dalam defense. Kami harus memperbaiki itu," kata kepala pelatih Pelita Jaya, Octaviarro Romely Tamtelahitu.

Memasuki kuarter ketiga, Pelita Jaya bisa melebarkan margin jadi 15 poin (56-41). Pelita Jaya makin agresif dalam defense yang membuat Bali United tidak bisa mengembangkan permainan. Bali sempat menyusul 62-69. Tapi fast-break dari Reggie Mononimbar di sisa satu menit menjadikan Pelita Jaya memimpin sembilan poin. Keunggulan tersebut tetap bertahan hingga akhir pertandingan.

Reggie Mononimbar mencetak 19 poin, disusul Agassi Goantara (17 poin), Respati Ragil Pamungkas (12 poin), dan Vincent Kosasih (11 poin). Sebaliknya di kubu Bali United, Yerikho Christpor Tuasela mencetak 19 poin, lalu Ponsianus "Komink" Nyoman Indrawan menambahkan 16 poin.

"Kemenangan kali ini jadi hadiah yang istimewa di ulang tahun saya," kata Respati Ragil Pamungkas yang kini berulang tahun ke-30. "Kami selalu maksimal di setiap pertandingan, dan tinggal empat laga lagi di seri keempat."

Dengan hasil ini, Pelita Jaya semakin kukuh di puncak klasemen Divisi Merah dengan mengumpulkan 21 poin, hasil dari 11 kemenangan dan satu kali kalah. Sementara itu, di seri keempat nanti, Pelita Jaya hanya tinggal mempertahankan posisi puncak klasemen agar mendapatkan keuntungan di babak playoff. Sebab, peringkat pertama dari masing-masing divisi akan langsung melaju ke babak semifinal. (tor)

Foto: Ariya Kurniawan - IBL Indonesia

Komentar