IBL

Dua hari lagi FIBA 3x3 Tur Dunia atau World Tour 2018 bergulir. Tahun ini menjadi edisi ketujuh dari ajang yang mempertandingkan tim 3x3 profesional dari seluruh dunia tersebut. Ada sembilan Seri Masters dan satu Seri Final di Beijing yang menjadi rangkaian Tur Dunia tahun ini.

Sembilan Seri Masters tahun ini yaitu Saskatoon Masters (21-22 Juli), Utsonomiya Masters (28-29 Juli), Prague Masters (4-5 Agustus), Lausanne Masters (24-25 Agustus), Debrecen Masters (30-31 Agustus), Mexico City Masters (8-9 September), Hyderabad Masters (22-23 September), Chengdu Masters (29-30 September) dan Kuala Lumpur Masters (13-14 Oktober). Sedangkan untuk Seri Final akan berlangsung di Beijing (27-28 Oktober).

FIBA 3x3 Tur Dunia merupakan ajang pertarungan para jawara 3x3 dengan membawa nama kota masing-masing. Boleh dibilang, ini merupakan kompetisi paling bergengsi untuk tim 3x3 profesional seluruh dunia. Berikut daftar juara Tur Dunia sejak tahun 2012:

Sebagai gelaran pembuka, tahun ini para jawara 3x3 akan bertarung di Saskatoon, Kanada, 21-22 Juli. Dari pembagian grup di babak penyisihan, sudah bisa diramalkan bahwa setiap pertandingan akan berlangsung sengit.

Juara FIBA 3x3 Tur dunia 2017, Zemun Masters (Serbia), akan berjumpa dengan musuh bebuyutan mereka yaitu Ulaanbaatar (Mongolia). Zemun juga berhadapan dengan Old Montreal (Kanada) yang baru saja menjuarai turnamen lokal. Zemun kali ini punya beban lebih berat untuk mencuri gelar di Saskatoon. Sebab MVP Final Tur Dunia, Bogdan Dragovic mengalami cedera lutut (MCL). Musim ini Zemun sempat mengalami kesulitan di Challenger tanpa hadirnya "The Dragon".

Ulaanbaatar tahun ini berhasil merangkak menduduki peringkat 12 di 3x3 dunia. Mereka musim lalu mengalahkan Zemun di Utsonomiya Masters. Empat pemain Ulaanbaatar merupakan pemain tim nasional Mongolia yang memenangi medali perak di FIBA 3x3 Piala Asia 2018 dan perempat final FIBA 3x3 Piala Dunia 2018.

Di grup tersebut juga ada Old Montreal. Tim ini tergolong baru, tetapi mereka punya bukti akan menjadi tim yang kuat. Faktanya, Old Montreal mengalahkan semua tim di Canada Basketball 3x3 Quest minggu lalu, termasuk tim peringkat sembilan dunia, Saskatoon (Kanada). Bintang Old Montreal yang akan bersinar yaitu Alex "Superman" Johnson.

Bintang 3x3 dari Serbia sekaligus MVP FIBA 3x3 Tur Dunia 2017, Stefan "Mr Robot" Stojacic juga sangat berbahaya tahun ini. Dia dan timnya, Liman Tesla Voda (Serbia) sudah berhasil menjadi finalis lima kali Challenger, termasuk memenangi tiga gelar juara. Liman akan ditantang Vitez Ecos Romari (Bosnia Herzegovina) yang kini diperkuat oleh mantan pemain Kranj, Sinisa Stemberger. Grup B semakin menarik dengan bergabungnya runner-up USA Basketball National Trials, Minnesota 3 Ball (Amerika Serikat).

Di grup A, tim 3x3 terbaik dunia, Novi Sad (Serbia), akan berhadapan dengan tim 3x3 terbaik Amerika Serikat, Princeton. Dosan Domovic Bulut akan adu keperkasaan dengan Dan Marvraides. Kedua tim terakhir bertemu di HuaiAn Challenger 2018. Hasilnya, Princeton mampu mengalahkan dua kali pemegang gelar juara Tur Dunia, Novi Sad. Namun kali ini Novi Sad membawa tim yang berbeda. Mereka sudah mengumumkan bahwa Marko Zdero akan digantikan Danilo Mijatovic. Selain dua tim kuat tersebut, grup A semakin lengkap dengan hadirnya Winnipeg AP (Kanada). Mereka baru saja menjadi runner-up Canada Basketball 3x3 Quest, minggu lalu.

Terakhir di grup D ada tuan rumah Saskatoon (Kanada). Mereka akan berhadapan dengan sesama tim Kanada, Montreal. Selain itu ada tim nomor enam dunia, Riga (Latvia) yang berisi pemain-pemain muda.

Semua pertandingan Saskatoon Masters 2018 berlangsung di depan Delta Hotels Bessborough. Pertandingan juga bisa disaksikan langsung di kanal youtube FIBA 3x3.(*)

Foto: fiba.com

Komentar