IBL

Juara IBL 3x3 2018 Satria Muda Pertamina Jakarta bertolak ke Cina untuk mengikuti FIBA 3x3 Tur Dunia (World Tour) 2018 Chengdu Masters, 29-30 September 2018. Empat pemain yang berangkat adalah Audy Bagastyo, Muhammad Rizal Falconi, Christian Gunawan dan Laurentius Steven Oei. Mereka menggunakan nama North Jakarta Pertamina.

Sebelum sampai di Chengdu Masters 2018, M. Rizal Falconi dan kawan-kawan menjuarai rangkaian IBL 3x3 yang digelar pada bulan Juli 2018 lalu. Mereka menjadi runner-up di seri Yogyakarta dan di seri Jakarta. Kemudian di seri Malang, Satria Muda menjadi juara dengan mengalahkan Stapac Jakarta 18-16.

Dari rangkaian seri tersebut, delapan tim terbaik melaju ke babak Grand Final di Jakarta. Satria Muda kembali berjumpa dengan Stapac. Hasilnya sama, Satria Muda menang dengan skor tipis 21-20. Dengan kemenangan ini, mereka berhak tampil di Chengdu Masters sebagai hadiahnya. Karena di FIBA Tur Dunia menggunakan nama kota, maka tim ini diberi nama North Jakarta Pertamina.

Di Chengdu Masters kali ini tidak ada tim nomor satu dunia Novi Sad Al Wahda (Serbia) karena sudah memenangkan lima seri Masters tahun ini. Kini unggulan pertama menjadi milik Liman Tesla Voda (Serbia). Tapi North Jakarta tidak berada satu grup dengan Liman di babak penyisihan. Berikut pembagian grup babak penyisihan Chengdu Masters 2018:

North Jakarta ada di grup B bersama unggulan kedua Riga Ghetto (Latvia) dan tim baru The Hague (Belanda). Riga merupakan tim peringkat empat dunia. Mereka sudah memenangkan delapan kualifikasi Tur Dunia sejak akhir tahun 2017 hingga 2018. Namun sayangnya Riga belum mampu memenangkan seri Masters. Sementara itu The Hague juga bukan tim sembarangan. Meski terbilang tim baru, namun sudah berhasil menjadi runner-up di Hang Zhou Challenger 2018.

Dari keempat pemain North Jakarta, hanya Rizal Falconi yang pernah bermain di Tur Dunia. Ia membela tim Medan di Manila Masters pada tahun 2014 dan 2015. Tetapi di tim itu ada Laurentius Steven Oei yang pernah bermain di Penang Challenger 2016 dan Kejuaraan Dunia (World Championship)3x3 2016 di Guangzhou, Cina.

"Sebelum ke Chengdu Masters kami sudah melakukan persiapan. Jadi kami sekarang fokus untuk menerapkan hasil latihan kami. Lawan-lawan di Chengdu Masters sudah pasti berat, jadi penting bagi kami untuk tampil dengan baik. Apapun hasilnya nanti, itu adalah hasil usaha maksimal kami," kata Laurentius Steven Oei.

FIBA 3x3 Tur Dunia merupakan rangkaian turnamen 3x3 profesional yang diikuti tim-tim terbaik dari seluruh dunia. Tahun ini ada sembilan seri Masters dan satu seri final yang digelar. Sebelum Chengdu Masters ada Saskatoon, Utsonomiya, Prague, Lausanne, Debrecen, Mexico City dan Hyderabad. Sedangkan seri Masters terakhir akan diadakan di Penang, Malaysia. Setelah sembilan seri Master berakhir, akan dipilih 12 tim terbaik dari poin yang mereka kumpulkan untuk bertanding di Beijing, 27-28 Oktober mendatang.(*)

Foto: Hariyanto

Komentar