IBL

Tim 3x3 peringkat satu dunia, Novi Sad Al Wahda (Serbia) menjadi juara Tur Dunia 3x3 FIBA 2018 (World Tour). Hebatnya, musim ini mereka mencetak sejarah dengan rekor 32-0 atau tanpa kekalahan sejak seri Masters hingga Seri Final. Novi Sad Al Wahda kini menjadi tim yang sudah menjuarai Tur Dunia tiga kali yaitu pada tahun 2014, 2015 dan 2018.

Final Tur Dunia 3x3 FIBA berlangsung di Beijing pada 27-28 Oktober 2018. Ada 12 tim terbaik yang bertanding. Mereka terpilih berdasarkan akumulasi poin setelah melewati sembilan seri Masters yaitu Saskatoon, Utsonomiya, Praha, Lausanne, Debrecen, Mexico City, Hyderabad, Chendu dan Penang. 12 tim yang terpilih atau disebut Top 12 adalah Novi Sad Al Wahda (Serbia), Riga Ghetto (Latvia), Amsterdam Inoxdeals (Belanda), Zemun (Serbia), Liman Tesla Voda (Serbia), Princeton (Amerika Serikat), Piran (Slovenia), Humpolec Bernard (Republik Ceko), Delhi 3BL (India), Ljubljana (Slovenia), Gagarin (Rusia) dan Saskatoon (Kanada).

Novi Sad di final tampil dominan. Mereka mengalahkan Humpolec (21-11) dan menundukkan juara tur dunia 2016 Ljubljana dengan skor 19-14. Di babak delapan besar Novi Sad menang 15-11 atas Piran. Lalu di semifinal mereka mengalahkan Zemun dengan skor 21-13. Di partai puncak, Novi Sad bertemu Riga. Meski mendapatkan perlawanan sengit, namun Novi Sad bisa unggul 20-18 saat waktu berakhir. Sekaligus mereka bisa mencetak rekor kemenangan 32-0 selama musim 2018 bergulir.

Dusan Domovic Bulut juga dinobatkan sebagai Pemain Terbaik (MVP) di Seri Final musim ini. Ini menjadi gelar kedua setelah mendapatkan anugerah yang sama pada tahun 2015 di Abu Dhabi. Bulut mencetak 39 poin selama turnamen tersebut. Ini sudah termasuk tujuh poin yang dicetak Bulut saat mengalahkan Riga di partai puncak. Bulut rata-rata mencetak 7,9 PPG. Pemain berusia 33 tahun itu sudah memenangkan delapan gelar Pemain Terbaik. Untuk Tur Dunia, Bulut mendapatkan gelar Pemain Terbaik di Saskatoon, Praga, Debrecen dan MVP Musim Reguler tahun ini. Sedangkan untuk kompetisi internasional, Bulut menjadi Pemain Terbaik di Piala Dunia 3x3, Piala Eropa dan Romania Qualifier.

Tahun ini Tur Dunia 3x3 FIBA juga meningkatkan jumlah hadiah untuk pemenang. Hadiah yang diterima Novi Sad tahun ini sebesar 1 juta dolar Amerika. Untuk pertama kalinya, juara Tur Dunia 3x3 mendapatkan hadiah dengan jumlah yang fantastis.(*)

Foto: fiba.com

Komentar