IBL

Satria Muda Pertamina Jakarta keluar sebagai juara IBL Go-Jek 3x3 Indonesia Tour 2019. Mereka mengalahkan Pelita Jaya di babak final dengan skor 18-13, Minggu malam, 4 Agustus 2019. Kemenangan itu membuat Satria Muda berhak mewakili Indonesia ke ajang FIBA 3x3 World Tour 2019 Jeddah Masters, bulan Oktober mendatang.

Tim Satria Muda digawangi Audy Bagastyo, Avan Seputra, Christian Gunawan, dan M. Sandy Ibrahim Aziz. Meski berstatus sebagai runner-up Grup A di babak penyisihan, mereka bisa menumbangkan tim Prawira Bandung di babak semifinal dengan skor 18-16. Di final, Satria Muda berhadapan dengan tim Pelita Jaya yang menang atas Stapac Jakarta, 19-16.

Pertemuan Satria Muda dan Pelita Jaya di laga puncak memang sudah diprediksi sejak awal. Sebab selama turnamen IBL 3x3 2019, kedua tim saling berbagi gelar di seri reguler. Pelita Jaya juara di seri Cirebon dan Bandung, sedangkan Satria Muda menjuarai seri Bali dan Yogyakarta.

Setelah melewati pertandingan sengit, Satria Muda akhirnya bisa mempertahankan gelar juara lewat kemenangan 18-13 atas Pelita Jaya. Selama seri final berlangsung, Satria Muda mengoleksi empat kemenangan dari lima pertandingan. Mereka mencetak total poin 73, atau 14,6 poin per pertandingan.

Satria Muda Pertamina Jakarta menjuarai IBL Go-Jek 3x3 Indonesia Tour 2018. Mereka menjadi perwakilan Indonesia di ajang FIBA 3x3 World Tour 2018 Chengdu Masters, menggunakan nama North Jakarta Pertamina. Tim ini berisi Audy Bagastyo, M. Rizal Falconi, Christian Gunawan, dan Laurentius Steven Oei. Mereka gugur di babak penyisihan grup setelah kalah 5-22 dari Riga (Latvia), dan menyerah 12-22 atas The Haque (Belanda).

FIBA 3x3 World Tour 2019 Jeddah Masters akan berlangsung pada 18-19 Oktober mendatang. Selain Satria Muda ada 11 tim yang bertanding di seri tersebut. Saat ini yang sudah pasti tampil di Jeddah, adalah Satria Muda (Indonesia) dan Utsonimiya (Jepang). Sedangkan untuk kuota peserta lainnya akan diisi tiga tim dari turnamen Quest, enam tim dari Challenger, dan satu tim undangan dari tuan rumah.

Sementara itu, pada IBL 3x3 2019 seri terakhir di Cilandak Town Square, Jakarta, juga dipertandingankan kategori 18 Boys, Open Men, dan Open Women. Untuk kategori Elite (IBL) juaranya Satria Muda. Sedangkan di kategori U18 Boys ada Go Loco yang menjadi juara.

Kategori Open Men dikuasai oleh West Bandits. Karena dua timnya masuk final. West Bandits A berisi Christian Ronaldo Sitepu, Rio Disi, Stefan Fafa Carsera, dan Bonanza Siregar. Sedangkan West Bandits B ada Jonathan Maurice, Andy Pedjakesuma, Raymond Sebastian, dan Yefanus Mulyono. Di final, West Bandits A mengalahkan West Bandits B dengan skor 21-20.

Tim Eye Mo keluar sebagai juara untuk kategori Open Women. Mereka mengalahkan tim Insto dengan skor 13-7. Eye Mo diperkuat oleh Peyton Whitted, Anjelin Rosmika Simanjuntak, Fitryana Sari Dewi, dan Jovita Elizabeth. Sedangkan Insto pemainnya adalah Ayu Sriartha, Bella Sthefani, Dyah Lestari, dan Fanny Kalumata. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar