IBL

Berkaca kepada pemain seperti Michael Jordan, Kobe Bryant, dan LeBron James, banyak orang menyangka menjadi pebasket profesional sangat menyenangkan dan bergelimang harta. Faktanya, hal tersebut tak selalu berjalan mulus bagi semua atlet. Beberapa nama seperti seperti Shawn Kemp, Eddy Curry, hingga Charles Barkley menyentuh titik terendah dalam hidup mereka setelah pensiun dari NBA. Ketiganya pernah dinyatakan bangkrut oleh pengadilan dan harus membangun ulang hidup mereka dari awal.

Selain kebangkrutan, beberapa mantan pemain NBA juga tak jarang terkena jerat hukum. J.R. Smith, Isaiah Rider, hingga Allen Iverson pernah merasakan dinginnya jeruji besi. Kasusnya beragam, menyetir dalam keadaan mabuk, kepemilikan obat-obatan terlarang, hingga penyerangan menjadi beberapa di antaranya.  

J.J. Hickson menjadi nama terbaru yang masuk daftar suram mantan pemain NBA. Pemain yang terakhir kali bermain di NBA musim 2015-2016 ini baru saja tersandung masalah hukum. Ia ditangkap oleh kepolisian Coweta County, Georgia, Amerika Serikat, Jumat malam, 15 Juni 2018, waktu setempat. Pria berusia 29 tahun tersebut langsung dijebloskan ke penjara dan tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat.

Juru bicara Coweta County Sheriff’s Department, Jimmy Yarbrough, berbicara kepada media terkait kasus ini. Hickson didakwa atas penyerangan dan perampokan sebuah rumah di daerah Senoia, Georgia, di hari yang sama. Dalam penyerangan tersebut, pemilik rumah mengaku diserang menggunakan pisau dan beberapa barang berharganya diambil oleh pelaku. Polisi mengidentifikasi dua pelaku dalam kasus ini tapi hanya Hickson yang ditahan.

Hickson masuk ke NBA setelah dipilih oleh Cleveland Cavaliers di urutan 19 secara keseluruhan pada NBA Draft 2008. Selain membela Cavaliers, Hickson tercatat membela empat tim lainnya. Sacaramento Kings, Portland Trail Blazers, Denver Nuggets, dan Washington Wizards pernah memakai jasanya. Masa-masa bersama Blazers menjadi yang terbaik bagi Hickson. Ia menjadi pemain utama (starter) di 90 dari 99 laga yang ia mainkan dan menorehkan rataan 13,9 poin serta 9,8 rebound per laga.

Setelah terdepak dari NBA, Hickson memutuskan berkarir di Cina kurun 2016-2018. Tahun ini ia menyebrang ke Lebanon dan bermain untuk Champville SC yang berlaga di Lebanese Basketball League. Bersamanya, ada pula mantan pemain NBA, Jeremy Pargo dan juga legenda basket Lebanon, Fadi El Khatib.

Foto: Fear The Sword

 

Komentar