IBL

Piala Srikandi (Srikandi Cup) 2020 atau musim ketiga akan dimulai pada bulan Februari 2020 mendatang. Liga basket profesional putri Indonesia tersebut akan diikuti enam tim, setelah Tenaga Baru Pontianak mengundurkan diri.

Enam tim yang akan mengikuti Piala Srikandi 2020 adalah Merpati Bali, Sahabat Semarang, Scorpio Jakarta, Tanago Friesian Jakarta, GMC Cirebon, dan Flying Wheel Makassar.

Ada beberapa perubahan di musim baru nanti. Pertama, semua tim akan saling bertemu sebanyak empat kali di musim reguler. Empat tim teratas akan masuk babak Final Four. Perubahan kedua ada di jumlah seri penyelenggaraan. Kali ini akan ada pra-musim, musim reguler, dan Final Four.

Musim reguler akan berlangsung empat seri, yaitu Seri Cirebon (3-8 Februari 2020), Seri Jakarta (11-15 Februari 2020), Seri Makassar (10-15 Maret 2020), dan Seri Semarang (7-12 April 2020). Sedangkan babak Final Four juga akan berlangsung di Semarang pada 14-19 April 2020.

"Musim baru nanti total ada 60 pertandingan untuk musim reguler, dan delapan pertandingan Final Four. Sementara itu, dalam waktu dekat kami merencanakan untuk bisa menggelar turnamen pra-musim di Pekanbaru," kata Koordinator Klub Piala Srikandi, Deddy Setiawan.

Format liga memang baru dipakai Piala Srikandi musim lalu. Ini karena mundurnya Surabaya Fever yang membuat jumlah peserta jadi tujuh tim. Musim lalu, Merpati Bali keluar sebagai juaranya. Sementara itu, musim ini Piala Srikandi diikuti enam tim, karena Tenaga Baru Pontianak mengundurkan diri. (tor)

Foto: Alexander Anggriawan

Komentar