IBL

Teka-teki masa depan Isaiah Thomas terjawab sudah. Dilansir ESPN, garda yang musim lalu memperkuat Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers setuju bergabung dengan Nuggets selama satu musim ke depan. Tidak disebutkan berapa besaran uang yang akan diterima Thomas. Akan tetapi, ESPN berujar bahwa ia mendapatkan kontrak minimum untuk veteran yang biasanya tak lebih dari AS$5 juta.

Thomas yang dua musim lalu masuk dalam persaingan peraih gelar Most Valuable Player (MVP), gagal bersinar musim ini. Pindah ke Cavaliers setelah tim lamanya, Boston Celtcis setuju melakukan pertukaran antara dirinya dengan Kyrie Irving, Thomas gagal mengulang penampilan apiknya. Terkendala cedera panggul yang ia derita sejak bersama Celtics, Thomas hanya bermain 15 kali untuk Cavaliers. Ia menorehkan rataan 14,7 poin dan 4,5 asis per laga.

Perombakan besar skuat Cavaliers di tengah musim membuatnya berpindah ke Lakers di bulan Februari. Bermain 17 kali, Thomas hanya sekali memulai laga sebagai pemain utama (starter).  Pun begitu, ia mampu meningkatkan performanya dengan membukukan rataan 15,6 poin dan 5,0 rebound per laga. Thomas yang terpilih di urutan ke-60 NBA Draft 2011 berhasil mempertahankan rataan dua digit poin tiap musimnya.

Saat musim 2016-2017 berakhir, Thomas sempat berujar bahwa ia ingin mendapatkan kontrak maksimal ketika menjadi unrestricted free agent. Akan tetapi, angka-angka saat ia membela Cavaliers dan Lakers musim lalu tak akan mampu menarik tim NBA untuk memberinya kontrak tersebut. Akhirnya, bapak dua anak ini memutuskan untuk mencoba peruntungannya dengan Nuggets semusim ke dapan dan berusaha kembali ke mimpinnya di pasar pemain bebas (free agent) selanjutnya.

Nuggets dianggap beberapa pihak memiliki ikatan emosional yang membuat Thomas berlabuh. Kepala Pelatih Nuggets, Mike Malone, merupakan mantan pelatih Sacramento Kings yang menjadi tim pertama Thomas di NBA. Pun begitu, Thomas diprediksi tak akan serta merta menjadi starter. Penampilan gemilang duo garda usia musa Nuggets musim lalu, Gary Harris dan Jamal Murray diyakini akan membuat Thomas selalu memulai laga dari bangku cadangan.

Menarik menunggu aksi Thomas dengan kostum berwarna biru nanti. Selain itu, dengan bertahannya Thomas di tim Wilayah Barat, dapat dipastikan kita akan melihat Thomas bertemu dengan LeBron James sebanyak empat kali. James diyakini beberapa pihak menjadi pihak yang bertanggung jawab atas  pertukaran Thomas ke Lakers.

Foto: NBA

 

Komentar