IBL

Philadelphia 76ers bisa dibilang sebagai tim paling mengejutkan dalam gelaran NBA musim 2017-2018. Bukannya tanpa alasan, Sixers yang sejak musim 2014-2015 hingga 2016-2017 hanya meraih total kemenangan, musim ini berhasil mencatatkan 52 kemenangan. Catatan tersebut membuat Sixers mengakhiri musim dengan jumlah kemenangan lebih banyak dari kekalahan mereka sejak musim 2011-2012. Dalam kurun waktu yang sama, Sixers akhirnya kembali berlaga di babak playoff.

Memasuki jeda musim dan pasar pemain bebas (free agent). Sixers melakukan beberapa perubahan dalam skuatnya. Dua pemain yang mereka akusisi jelang waktu pertukaran ditutup Februari 2018 lalu, Marco Belinelli dan Ersan Ilyasova dilepas. Keduanya lantas “balik kucing” ke klub yang pernah mereka bela. Belinelli kembali ke San Antonio Spurs sementara Ilyasova bergabung ke Milwaukee Bucks.

Tak menunggu lama, Sixers langsung mengisi kekosongan dua pemain tersebut. Gerakan pertama tim asuhan Brett Brown adalah melakukan pertukaran dnegan Denver Nuggets. Hebatnya lagi, Sixers melakukan pertukaran tanpa kehilangan aset mereka. Nuggets mengirimkan Wilson Chandler dan hak memilih di musim mendatang hanya untuk uang tunai. Tidak disebutkan secara spesifik berapa hak memilih dan uang tunai yang dilibatkan dalam transaksi ini. Pertukaran ini diyakini beberapa pengamat sebagai cara Nuggets untuk melonggarkan ruang gaji mereka untuk musim ini dan musim depan. Musim lalu, Chandler bermain 74 laga dengan rataan 10,0 poin, 5,4 rebound, dan 2,2 asis per laga.

Setelah Chandler, 5 Juli 2018, waktu setempat, Sixers kembali menambah satu pasukan. Kali ini adalah pemain bebas yang musim lalu bermain untuk Minnesota Timberwolves, Nemanja Bjelica. Sixers memberinya kontrak berdurasi setahun dengan nilai AS$4,4 juta. Bjelica telah tiga musim berlaga di NBA bersama Timberwolves. Total ia memainkan 192 laga dan menjadi pemain utama (starter) hanya di 22 laga. Musim lalu, ia menorehkan rataan 6,8 poin, 4,1 rebound, dan 1,3 asis per laga. Akurasi keseluruhannya mencapai 46 persen dengan akurasi tripoin berada di angka 41 persen. Biasa bermain sebagai forwarda, akurasi dan fisik Bjelica dapat menjadi pelapis tepat bagi Robert Covington ataupun Dario Saric.

Fotro: NBA

 

Komentar