IBL

Musim 2017-2018 tak bisa dibilang sebagai musim yang buruk bagi Denver Nuggets. Meski gagal lolos ke babak playoff, tim asuhan Michael Malone ini memberikan performa yang luar biasa sepanjang musim. Hanya memiliki Paul Millsap sebagai pemain yang pernah berstatus All-Star, Nuggets berhasil finis di peringkat sembilan Wilayah Barat. Hal tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Nuggets mengingat persaingan Wilayah Barat yang sangat ketat. Hebatnya lagi, Nuggets masih berpeluang lolos ke playoff hingga laga terakhir musim reguler. Sayangnya, mereka harus mengakui keunggulan Minnesota Timberwolves lewat babak tambhan waktu (overtime).

Dari daftar pemain yang mereka miliki, dua di antaranya mendapatkan kontrak baru di jeda musim ini. Nikola Jokic dan Will Barton adalah dua pemain yang mereka berikan kontrak tersebut. Akhir musim ini, Jokic sebenarnya berstatus team option, yang berarti hak berada di tangan Nuggets untuk melanjutkan kontrak satu musim ke depan atau tidak. Manajemen Nuggets memutuskan untuk menolak melanjutkan kontrak satu musim ke depan dan malah memberi kontrak maksimal selama lima tahun dengan nominal AS$148 juta. Musim ini, Jokic membukukan rataan 18,5 poin, 10,7 rebound, 6,1 asis, dan 1,2 blok per laga dari 75 laga yang ia mainkan.

Barton sedikit berbeda dengan Jokic. Ia menyandang status unrestricted free agent pada jeda musim ini. Hal tersebut membuat ia dapat bernegosiasi dengan tim mana saja yang tertarik menggunakan jasanya. Menariknya, Barton dan Nuggets belum ingin mengakhiri hubungan mereka. keduanya menyepakati kontrak baru dengan durasi empat tahun senilai AS$54 juta. Nuggets menjadi tim kedua Barton di NBA . sebelumnya ia membela panji Portland Trail Blazers di kurun 2012-2015. Musim ini, ia mencatatkan rataan 15,7 poin, 5,0 rebound, dan 4,1 asis per laga. Total ia memainkan 81 laga yang 40 di antaranya ia mulai sebagai pemain utama (starter).

Kontrak jangka panjang kedua pemain ini menunjukkan kepercayaan Malone kepada skuatnya musim ini. Dari 15 pemain yang mengisi barisan pemain Nuggets, hanya Devin Harris yang tidak mendapatkan perpanjangan kontrak. Untuk musim 2018-2019, kemungkinan besar Nuggets masih akan turun dengan skuat utama yang dihuni Jamal Murray, Gary Harris, Wilson Chandler, Millsap dan Jokic. Barton masih akan menjadi pendulang angka utama skuat cadangan Nuggets.

Foto: USA Today, NBA

 

 

Komentar