IBL

Portland Trail Blazers melakukan langkah pencegahan kehilangan pemain pentingnya. Jumat malam, 6 Juli 2018, waktu setempat, ESPN mengabarkan Blazers telah menyetujui kontrak baru dengan senter mereka, Jusuf Nurkic. Masih dari ESPN, kedua pihak sepakat untuk terus bersama hingga empat tahun ke depan dengan nilai kontrak sebesar AS$48 juta.

Memasuki jeda musim ini, Nurkic sebenarnya berstatus sebagai restricted free agent, status yang membuatnya berhak menerima tawaran dari tim lain. Akan tetapi, mengingat performa Nurkic, Blazers mengambil langkah cepat untuk mengikatnya lebih lama. Di sisi lain, kesepakatan ini juga menunjukkan bahwa pemain 23 tahun tersebut tak berniat mencoba peruntungan untuk bernegosiasi dengan tim lain.

Pemain berkebangsaan Bosnia dan Herzegovina ini menjadi sosok utama di area kunci Blazers. Bermain sebanyak 79 kali dan selalu mengisi posisi utama (starter) musim lalu, ia mencatatkan rataan 14,3 poin, 9,0 rebound, dan 1,4 blok per laga. Blazers merupakan tim kedua yang dibela Nurkic di NBA sejak masuk pada musim 2014. Sebelumnya, ia bermain untuk Denver Nuggets dan ditukar ke Blazers pada Februari 2017.

Ia dianggap sebagai sosok penting untuk gaya bermain Blazers yang berpusat pada duet garda mereka, Damian Lillard dan C.J. McCollum. Keduanya sudah tersohor sebagai salah satu duet lapangan belakang (backcourt) berhaya di NBA.  Musim lalu, Lillard mencatatkan rataan 26,9 poin dan 6,6 asis sementara McCollum membukukan 21,4 poin dan 4,0 rebound per laga.

Nurkic menjadi pemain kedua yang menyetujui kontrak baru dengan Blazers di hari yang sama. Sebelumnya, rookie, Gary Trent Jr. yang dipilih di urutan ke-37 menandatangani kontrak skala rookie untuk tiga tahun ke depan. Trent berposisi sebagai garda dengan akurasi tripoin mencapai 40,2 persen.  

Musim lalu, Blazers berhasil membukukan laju baik di musim reguler dengan finis sebagai urutan ketiga Wilayah Barat. Selama jeda musim ini, mereka telah melepas beberapa pemain ke pasar pemain bebas (free agent) seperti Ed Davis dan Pat Connaughton.

Foto: NBA

 

Komentar