IBL

Philadelphia 76ers harus gigit jari setelah Nemanja Bjelica, pemain bebas yang awalnya sepakat bergabung dengan mereka urung melakukan tanda tangan kontrak. Pada 6 Juli 2018 lalu, Bjelica dan Sixers dikabarkan sepakat untuk kontrak satu tahun dengan nominal AS$4,4 juta. Bjelica dianggap menjadi pengganti yang tepat untuk Ersan Ilyasova yang memilih bergabung ke Milwaukee Bucks.

Beberapa berita mengabarkan Bjelica mengurungkan niat karena ingin kembali ke Eropa dan bermain di EuroLeague. Sebelum masuk ke NBA dan bergabung dengan Minnesota Timberwolves, Bjelica menghabiskan delapan musim bermain dengan empat tim di Eropa. Tim Eropa terakhir yang ia bela adalah Fenerbahce Ulker dari Turki di kurun 2013-2015.

Akan tetapi, berita tersebut kembali terbantahkan setelah Yahoo Sports melalui salah satu kontributornya untuk NBA, Shams Charania, melaporkan info terbaru. Melalui akun Twitter pribadinya, Shams mengabarkan Bjelica semakin dekat bergabung dengan Sacramento Kings untuk musim depan. Tidak dijabarkan berapa durasi dan besar kontrak yang akan diterima oleh Bjelica, tapi banyak pihak yang meyakini durasi paling lama yang mungkin ia terima adalah dua musim.

Pemain berusia 30 tahun ini akan menjadi sosok veteran di antara deretan pemain usia muda yang dimiliki Kings. Meski lebih banyak bermain dari bangku cadangan bersama Timberwolves, Bjelica memiliki porsi dan catatan yang solid. Musim lalu, rata-rata menit bermainnya 20,5 menit per laga dengan catatan 6,8 poin dan 4,1 rebound. Akurasi tripoinnya mencapai 41 persen sementara akurasi lemparan gratisnya menyentuh 80 persen.

Di sisi lain, banyak spekulasi menyeruak seiring berubahnya pikiran Bjelica untuk bermain di Eropa. Salah satunya adalah fakta bahwa kota Sacramento sudah dikenal di Amerika Serikat sebagai kota yang banyak ditinggali pendatang-pendatang dari Eropa, khusunya Eropa Timur. Dalam daftar pemain Kings juga ada nama Bogdan Bogdanovic, rekan satu negara Bjelica yang berkebangsaan Serbia.

Menarik melihatg tarik ulur yang terjadi untuk masa depan Bjelica. Lebih menarik lagi karena ia sebenarnya bukanlah satu-satunya nama yang tertinggal di pasar pemain bebas. Masih ada nama seperti Nick Young, Michael Beasley, hingga Dwyane Wade yang justru belum dikaitkan dengan tim manapun untuk musim depan.

Foto: NBA

 

Komentar