ABL

SRIKANDI

Tim 3x3 Putri Indonesia bertanding di hari kedua FIBA 3x3 World Cup atau Piala Dunia 3x3, 9 Juni 2018. Di dua pertandingan babak penyisihan, Indonesia kalah dari Republik Ceko, 11-22, dan menyerah 14-21 dari Malaysia.

Indonesia kali ini diperkuat oleh Fanny Kalumata, Jovita Elizabeth, Husna Latifah dan Yusranie Assipalma. Di babak penyisihan, Indonesia tergabung di grup A, bersama Republik Ceko, Malaysia, Italia dan Turkmenistan.

Di pertandingan pertama, Indonesia tak mampu membendung laju Republik Ceko. Ramona Hejdova dan Ramona Stehlikova menjadi momok menakutkan bagi Indonesia. Mereka berdua mencetak masing-masing tujuh poin. Sedangkan Kristyna Minarovicova dan Andrea Ovsikova sama-sama menambahkan empat poin.

Indonesia bermasalah dengan akurasi. Mereka sebenarnya memiliki 33 possesions, dan bisa membuat 24 tembakan. Tapi hanya 10 tembakan yang masuk. Indonesia juga melakukan sembilan turn over yang sangat merugikan. Di laga ini, Jovita Elizabeth mencetak enam poin, dan Yusranie menyumbangkan tiga poin.

Di laga kedua, Indonesia menghadapi Malaysia. Pertandingan kali ini berjalan seimbang, karena tinggi badan pemain kedua negara sama rata. Tetapi Indonesia gagal menahan forwarda timnas Malaysia, Fook Yee Yap. Ia mencetak 12 poin, termasuk empat tembakan dua angka yang menemui sasaran. Sementara itu, Eugene Ting dengan tinggi 1,8 meter berhasil mengamankan area bawah ring saat posisi bertahan. Di kubu Indonesia, Jovita Elizabeth lagi-lagi menjadi penyumbang poin terbanyak dengan tujuh poin.

Tim putri Indonesia akan kembali bertanding Senin, 11 Juni. Mereka akan menghadapi Italia. Tim yang pernah menembus delapan besar di Piala Dunia 3x3 2017. Setelah itu, Indonesia akan bertemu dengan Turkmenistan.

Piala Dunia 3x3 2018 menjadi edisi kelima turnamen antar-negara tersebut. Dimulai tahun 2012 di Athena, Yunani, lalu di Moskow, Rusia pada tahun 2014. Setelah itu, turnamen ini digelar setiap tahun mulai tahun 2016 di Guanzhou, Cina, dan terakhir di Nantes, Perancis tahun 2017.

Pesertanya adalah 20 tim putra dan 20 tim putri. Sedangkan negara yang berhak menjadi peserta adalah peringkat 20 besar di FIBA 3x3. Cara menentukannya yaitu jumlah poin dari 100 pemain 3x3 terbaik di negara tersebut.(*)

Berita terkait:
-. 37 Negara akan Mengikuti FIBA 3x3 World Cup 2018 di Manila
-. Mendadak, Indonesia akan Tampil di Piala Dunia 3x3 2018

Foto: fiba.com

Komentar