IBL

Komposisi peserta di FIBA 3x3 World Cup atau Piala Dunia 2018 berubah tiba-tiba dalam dua hari. Perubahan ini menguntungkan Indonesia karena akhirnya bisa menggantikan dua tempat yang ditinggalkan. Tim putri Venezuela dan tim putra Ekuador tidak bisa ikut karena masalah visa.

Dalam rilis berita yang dikeluarkan fiba.com, tidak dijelaskan secara rinci. Tetapi masalah ini memang di luar kendali FIBA sebagai penyelenggara. Mereka langsung mengambil langkah cepat dengan memasukkan tim Indonesia untuk mengisi kekosongan tersebut. Indonesia pun siap mengirimkan perwakilannya.

Baca Juga: Mendadak, Indonesia akan Tampil di Piala Dunia 3x3 2018

Tim nasional putri Venezuela terakhir bermain di Piala Dunia 3x3 tahun 2017 di Nantes, Perancis. Empat pemainnya adalah Siuly Marcano, Ivaney Marquez, Luisana Ortega dan Raymar Garcia.

Venezuela tergabung di grup B bersama Swiss, Spanyol, Perancis dan Turkmenistan. Dari empat pertandingan, Venezuela tidak pernah menang. Mereka kalah 4-21 dari Swiss, lalu kalah telak 6-21 dari Spanyol. Sempat memberi perlawanan saat bertemu tuan rumah Perancis, tapi akhirnya Venezuela kalah 12-15. Terakhir mereka menyerah dengan skor tipis 9-11 dari Turkmenistan.

Sementara itu di sektor putra, tim Ekuador juga tidak bisa tampil di Piala Dunia 3x3 2018. Padahal ini merupakan kesempatan pertama Ekuador menunjukkan kemampuan mereka di ajang paling bergengsi antar-negara tersebut.

Ekuador sebenarnya sudah menyiapkan tim. Pada akhir bulan Mei lalu, mereka sudah mengumpulkan delapan pemain putra untuk diseleksi. Mereka adalah Christian Orozco, Nixon Mina, Carlos Delgado, Alexander Guerra, Robinson Saa, Juan Bolanos, Sebastian Gonzalez dan Ricardo Icaza. Sayangnya, persiapan ini tidak membuahkan hasil karena mereka tidak jadi berangkat.

Sebagai gantinya, tim putri Indonesia akan menempati grup A menggantikan posisi Venezuela. Di grup ini ada Republik Ceko, Italia, Malaysia dan Turkmenistan. Republik Ceko dan Italia merupakan tim yang masuk delapan besar di Piala Dunia 3x3 2017 lalu.

Sementara itu, tim putra berada di grup B bersama Slovenia, Polandia, Estonia dan Jepang. Di grup ini, Slovenia menjadi lawan paling berat karena mereka adalah peraih medali perunggu di Piala Dunia 3x3 2017. Selain itu, Slovenia tahun ini berstatus sebagai unggulan kedua, di bawah juara bertahan Serbia.(*)

Foto: fiba.com dan facebook @Ecuador3x3

Komentar