IBL

Indonesia kalah dua kali di babak penyisihan hari pertama Piala Dunia 3x3 2018, 8 Juni. Indonesia menyerah dari Polandia 6-22 di laga perdana. Kemudian Indonesia kalah dari Estonia di laga kedua dengan skor 10-22.

Indonesia tak berdaya menghadapi Polandia yang menjadi unggulan ketujuh di turnamen ini. Mereka kalah dengan skor 6-22 dalam waktu 5 menit 31 detik. Polandia bisa unggul karena akurasi tembakan yang luar biasa. Mereka memasukkan tujuh dari 15 tembakan dua angka. Ini yang membuat Indonesia tidak mampu menyusul. Dua pemain Polandia, Michael Hicks dan Szymon Rduch memasukkan masing-masing tiga tembakan dua angka. Keduanya juga mengumpulkan poin yang sama yaitu sembilan poin.

Di kubu Indonesia, Rivaldo mengemas tiga poin termasuk dua kali tembakan bebas. Fandi Andika Ramadhani mencetak dua poin dan Erick Gosal menambahkan satu poin.

Kemudian di laga kedua, Indonesia berhadapan dengan unggulan 10, Estonia. Lagi-lagi Indonesia menyerah 10-22. Estonia menunjukkan ketajaman tembakannya di laga ini.

Dari 16 tembakan yang dimasukkan Estonia, enam diantaranya merupakan tembakan dua angka. Maik-kalev Kotsa menjadi penentu kemenangan sekaligus pencetak poin terbanyak dengan sembilan poin. Semua pemain Estonia bisa mencetak poin lewat tembakan dua angka.

Di tim Indonesia, Rivaldo Tandra Pangesthio mengemas empat poin. Lalu Ebrahim Enguio Lopez menambahkan tiga poin, Erick Gosal mencetak 2 poin dan Rama hanya menyumbang satu poin.

Selanjutnya, tim putra Indonesia akan bertanding pada 10 Juni 2018 di babak penyisihan grup B. Indonesia akan berhadapan dengan Jepang dan Slovenia.

Piala Dunia 3x3 2018 menjadi edisi kelima turnamen antar-negara tersebut. Dimulai tahun 2012 di Athena, Yunani, lalu di Moskow, Rusia pada tahun 2014. Setelah itu, turnamen ini digelar setiap tahun mulai tahun 2016 di Guanzhou, Cina, dan terakhir di Nantes, Perancis tahun 2017.

Pesertanya adalah 20 tim putra dan 20 tim putri. Sedangkan negara yang berhak menjadi peserta adalah peringkat 20 besar di FIBA 3x3. Cara menentukannya yaitu jumlah poin dari 100 pemain 3x3 terbaik di negara tersebut.(*)

Berita terkait:
-. 37 Negara akan Mengikuti FIBA 3x3 World Cup 2018 di Manila
-. Mendadak, Indonesia akan Tampil di Piala Dunia 3x3 2018

Foto: fiba.com

Komentar