IBL

Indonesia akan tampil di FIBA 3x3 World Cup atau Piala Dunia 2018 di Manila, Filipina, 8-12 Juni 2018 mendatang. Kabar ini mendadak karena dua tim memutuskan mundur. Tim putra Indonesia menggantikan Ekuador, sedangkan tim putri Indonesia mengambil tempat yang ditinggalkan oleh Venezuela.

Baca Juga: 37 Negara akan Mengikuti FIBA 3x3 World Cup 2018 di Manila

"Betul sekali, Indonesia akan tampil di FIBA 3x3 World Cup minggu ini," ucap Anthony Gunawan, Ketua Sub Bidang 3x3 PP Perbasi. "Memang sampai saat ini kami belum mendapatkan kabar kenapa dua negara tersebut mundur. FIBA masih membuat rilis untuk media. Tetapi tim Indonesia sudah pasti mengambil tempat yang ditinggalkan dua negara tersebut."

Kabar ini mendadak, mengingat waktu kejuaraan yang tinggal dua hari lagi. Indonesia terpilih menjadi peserta karena unggul akumulasi poin 3x3 untuk kategori negara. Setelah poin pemain, baik senior maupun junior dijumlahkan, maka Indonesia menduduki peringkat teratas.

Tak lama setelah kabar tersebut diterima, Indonesia segera menyiapkan tim. Di kategori putra, Indonesia akan memainkan Fandi Andika Ramadhani, Rivaldo Tandra Pangesthio, Erick Jonathan Gosal dan Ebrahim Enguio Lopez.

Rama dan Rivaldo pernah mewakili Indonesia di Piala Dunia 3x3 tahun 2017 lalu. Jadi tidak sulit bagi mereka berdua untuk beradaptasi. Rivaldo dan Erick adalah pemain yang kini menjalani Pelatnas 3x3 untuk Asian Games 2018. Sementara, satu nama yang baru adalah Ebrahim "Biboy" Enguio Lopez. Terakhir, Biboy tercatat bermain 3x3 di Loop 3x3 NBL Challenge 2014 bersama Rama, Rizky Effendi dan Wijaya Saputra.

"Beberapa pemain berhalangan tampil. Christian Ronaldo Sitepu berhalangan, Vincent Rivaldi Kosasih sedang mengurus revisi skripsi, lalu Adhi Pratama masih dalam tahap penyembuhan cedera. Saya pikir, Biboy punya karakter bermain yang cocok untuk 3x3. Lalu untuk Erick, menurut saya dia bisa menjadi penerus Vinton Nolland Surawi bila tetap bisa tampil konsisten," jelas Anthony.

Sementara itu di sektor putri, Indonesia akan menurunkan Jovita Elizabeth, Yusranie Noory Assipalma, Husna Latifah dan Fanny Kalumata. Dari empat pemain tersebut, hanya Fanny yang pernah tampil di Piala Dunia 3x3 tahun 2016. Saat itu ia bersama Raisa Hamidah, Natasha Debby Charistaline dan Yuni Anggraeni.

Jovita dan Yusranie saat ini masih berstatus sebagai pemain Pelatnas 3x3 untuk Asian Games. Sedangkan Husna, sempat menjalani pemusatan latihan 3x3 di Surabaya, tetapi dia tidak dipanggil di tahap selanjutnya.

Di babak penyisihan Piala Dunia 3x3 2018, tim putra Indonesia berada di grup B bersama Slovenia, Polandia, Estonia dan Jepang. Sedangkan tim putri berada satu grup dengan Republik Ceko, Italia, Malaysia dan Turkmenistan.

Foto: fiba.com

Komentar