IBL

Sekadar mengingat, bahwa FIBA 3x3 World Cup 2017 yang digelar 17-21 Juni 2017 lalu di Nantes, Perancis, dimenangkan oleh tim putra Serbia dan tim putri Rusia. Tahun ini, 40 tim dari 37 negara akan berpartisipasi di ajang yang sama dengan tuan rumah Filipina.

FIBA 3x3 World Cup 2018 akan berlangsung di Manila, Filipina pada 8-12 Juni 2018 mendatang. Seperti sebelumnya, 20 tim putra dan 20 tim putri akan bersaing menjadi yang terbaik di dunia. Mereka terpilih berdasarkan peringkat di FIBA 3x3 Federation Rangking.

Ada 3 negara yang berhasil masuk di dua kategori (putra dan putri) yaitu Belanda, Filipina dan Rusia. Sedangkan ada lima negara peserta baru yang tahun ini masuk, yaitu Kanada, Ekuador, Iran, Malaysia dan Nigeria.

Berikut daftar peserta FIBA 3x3 World Cup 2018;

Putra: Brazil, Kanada, Kroasia, Estonia, Jepang, Yordania, Kyrgyztan, Latvia, Mongolia, Belanda, Selandia Baru, Nigeria, Polandia, Rumania, Rusia, Slovenia, Ukraina, Serbia (juara 2017) dan tuan rumah Filipina.

Putri: Andorra, Argentina, Tiongkok, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Hungaria, Iran, Italia, Kazakhstan, Malaysia, Belanda, Spanyol, Swiss, Turkmenistan, Uganda, Amerika Serikat, Venezuela, Rusia (juara 2017) dan tuan rumah Filipina.

Kali ini, Indonesia tidak bisa mengikuti turnamen akbar tersebut. Meski tahun lalu, Indonesia berhasil memasukkan tim putranya, yang terdiri dari Rivaldo Tandra Pangesthio, Kevin Moses Eliazer Poetiray, Fandi Andika Ramadhani dan Vinton Nolland Surawi. Di rangking FIBA 3x3, Indonesia untuk putra ada di peringkat 41. Sementara untuk tim putri ada di urutan ke 26. Tapi di zona Asia, Indonesia ada di peringkat kesembilan, baik putra dan putri.

Sebagai penyelenggara, Federasi Bola Basket Filipina (SBP), menyiapkan Philipine Arena di Manila sebagai tempat pertandingan. Arena ini berkapasitas 55 ribu penonton. Arena tersebut dipilih untuk mengantisipasi jumlah penonton yang besar.

Dua gelaran FIBA 3x3 sebelumnya juga dipadati penonton yaitu FIBA 3x3 World Tour 2014 dan 2015 yang berlangsung di SM Megamall dan Robinson Place Mall. Oleh karena itu, FIBA dan SBP sepakat bahwa mereka akan memakai arena yang lebih besar untuk FIBA 3x3 World Cup 2018.

Arena yang diresmikan 21 Juli 2014 itu terletak di tepi kota Manila, atau dikenal dengan Ciudad de Victoria. Pada 27 Oktober 2017 lalu, sebanyak 54.083 penonton hadir untuk menyaksikan pertandingan ketujuh PBA Governor's Cup Finals.

Foto: fiba.com

Komentar