IBL

Rabu dini, 14 Februari, babak 16 besar UEFA Champions League dimulai. Tim-tim sepak bola terbaik dari benua Eropa akan bertarung menjadi yang terbaik. Bersama dengan bergulirnya 16 besar Champions League, berlangsung pula pengundian babak 16 besar Basketball Champions League. Sama dengan sepak bola, tim-tim basket terbaik dari dataran Eropa akan berlaga di babak playoff.

Sebelumnya, 32 tim basket Eropa sudah melakoni babak penyisihan yang dimulai pada 19 September 2017 lalu. Mereka terbagi dalam empat grup. Dari masing-masing grup, diambil empat tim urutan teratas yang berhak melaju ke babak selanjutnya. Kemudian peringkat lima dan enam dari setiap grup mendapatkan tiket tampil di FIBA Europe Cup. Lalu dua tim terbawah akan dieliminasi.

Rabu nanti, tim-tim yang sudah masuk ke babak 16 besar akan diundi untuk menentukan siapa lawan yang akan dihadapi. Undian akan dilakukan di FIBA's House of Basketball. 16 tim yang tampil di babak playoff yaitu;

1. AEK (Yunani)
2. AS Monaco (Perancis)
3. Banvit (Turki)
4. Besiktas Sompo Japan (Turki)
5. CEZ Nymburk (Republik Ceko)
6. EWE Baskets Oldenburg (Jerman)
7. Iberostar Tenerife (Spanyol)
8. Medi Bayreuth (Jerman)
9. MHP Riesen Ludwigsburg (Jerman)
10. Nanterre 92 (Perancis)
11. Neptunas Klaipeda (Lithuania)
12. PAOK (Yunani)
13. Pinar Karsiyaka (Turki)
14. SIG Strasbourg (Perancis)
15. Stelmet Enea Zielona Gora (Polandia)
16. UCAM Murcia (Spanyol)

Sama seperti di sepak bola, Basketball Campions League playoff juga memakai sistem dua putaran atau head-to-head. Putaran pertama akan berlangsung pada 6-7 Maret dan putaran kedua, 13-14 Maret. Pemenangnya akan melanjutkan langkah ke babak perempat final atau delapan besar.

Dari 16 peserta ini, terdapat empat tim unggulan yang secara otomatis menjadi penghuni Pot 1 dalam undian. Mereka adalah juara di masing-masing grup. AS Monaco menjadi tim terkuat karena hanya sekali menelan kekalahan dari 14 pertandingan di babak penyisihan grup. Kemudian dari grup B ada Iberostar Tenerife. Berturut-turut dari grup C dan grup D ada SIG Strasbourg dan Besiktas Sompo Japan. Menariknya, dari pembagian Pot tersebut, memungkinkan setiap tim tidak akan menghadapi lawan dari grup yang sama seperti di babak penyisihan grup.

Basketball Champions League merupakan liga yang lahir dari kerjasama FIBA dan 10 Liga Negara Eropa. Mereka adalah Belgia, Republik Ceko, Perancis, Jerman, Yunani, Israel, Italia, Lithuania, Polandia dan Turki. Liga ini pertama kali dimulai musim 2016-2017 lalu. Sebanyak 40 tim berlaga di musim perdana tersebut. Juara pada inaugural Basketball Champions League adalah tim asal Spanyol, Iberostar Tenerife.

CEO Basketball Champions League, Patrick Comninos mengatakan bahwa kompetisi ini punya potensi yang bagus di masa depan. Karena gairah tim-tim Eropa sudah terlihat di musim perdana lalu. Kini mereka sudah menjadikan Liga Champions sebagai agenda utama klubnya.

"Basketball Champions League sebagai bagian dari stategi yang lebih luas untuk menumbuhkan basket di Eropa. Prinsip-prinsip dasar olahraga profesional sudah mulai masuk ke liga ini. Kompetisi yang baru lahir ini mulai menarik hati penggemar basket di seluruh Eropa," kata Patrick Comninos, seperti dikutip dari championsleague.basketball. (*)

Foto: championsleague.basketball

Komentar