IBL

FIBA mengumumkan hasil undian FIBA 3x3 Asia Cup 2018. Sebanyak 22 tim putra dan 18 tim putri terdaftar sebagai peserta kejuaraan yang akan berlangsung di Shenzhen, Tiongkok, 27 April hingga 1 Mei mendatang. Oleh karena tim yang berhak tampil di babak utama hanya 12, FIBA menetapkan aturan bahwa 10 tim teratas otomatis masuk ke babak utama. Dua tempat lagi diperebutkan oleh peserta tersisa melalui babak kualifikasi. 

Berikut regulasi FIBA mengenai aturan drawing kejuaraan 3x3;

Dari regulasi FIBA di atas, maka pembagian tim ditentukan oleh ranking negara tersebut. Di sektor putra, juara FIBA 3x3 Asia Cup, Mongolia, menempati grup A, bersama Qatar dan Taiwan. Lalu di grup B ada Cina, Kyrgyzstan dan Turkmenistan. Jepang, Yordania dan pemenang kualifikasi A masuk di grup C. Kemudian di grup D ada Kazakhstan, Selandia Baru dan pemenang kualifikasi B.

Sementara itu di sektor putri, juara tahun lalu, Australia justru harus melewati babak kualifikasi lebih dulu. Karena peringkat negaranya di bawah ranking 10. Jadi di babak utama bertarung Cina, Malaysia, dan Selandia Baru di grup A. Kemudian ada Yordania, Indonesia, Taiwan di grup B. Lalu Kazakhstan, Turkmenistan dan juara kualifikasi A ada di grup C. Terakhir ada Jepang, Iran dan juara kualifikasi B di grup D.

Untuk lebih jelasnya, berikut pembagian grup FIBA 3x3 Asia Cup 2018 untuk babak utama;

Babak kualifikasi sendiri dimulai 27-28 April. Ada 12 tim putra dan 8 tim putri. Di sektor putra ada Sri Langka, Korea Selatan, Malaysia, Uzbekistan, Vanuatu dan Thailand berkumpul di grup A. Lalu di grup B ada Indonesia, Australia, Iran, Samoa, Guam dan Hong Kong. Sedangkan di sektor putri bersaing Mongolia, Uzbekistan, Vanuatu, Hongkong di grup A. Kemudian di grup B ada Sri Langka, Australia, Thailand dan Samoa. Berikut daftar tim yang mengikuti babak kualifikasi;

Manajer tim 3x3 Indonesia, Fahreza Tamrella mengatakan bahwa FIBA Asia Cup akan jadi ajang uji coba tim Indonesia yang diproyeksikan mengikuti Asian Games 2018 mendatang. Tapi masih belum dipastikan siapa yang akan diberangkatkan. Para pemain akan menjalani seleksi kembali setelah IBL dan Srikandi Cup musim ini selesai. (*)

Foto: fiba.com

Komentar