IBL

Legenda WWE Rick Flair mengakui bahwa dia bukan penggemar NBA lagi. Alasannya sederhana, karena dia menilai pemain-pemain NBA lemah dan kurang memiliki profesionalisme. Masalahnya fisik para pemain NBA terus menurun dari tahun ke tahun. Banyak pemain bintang yang justru absen hanya karena cedera ringan. 

"Para pemain bola basket (NBA) sekarang lebih banyak merengek dan lemah. Itu menurunkan minat saya menyaksikan olahraga ini lagi," kata Flair kepada Fox News Digital

Flair mengomentari aturan NBA tentang "load management". Aturan ini dibuat ketika seorang pemain yang sehat tidak bermain dalam pertandingan karena alasan istirahat. Ini dilakukan untuk menghindari kelelahan dan cedera jangka panjang. 

Load management ini lazim dalam beberapa tahun terakhir karena jadwal pertandingan musim reguler 82 kali, ditambah dengan pertandingan playoff. Hal ini biasanya terlihat pada pemain bintang, veteran, atau pemain yang punya faktor besar dalam kemenangan sebuah tim. 

Foto: Los Angeles Times

Aturan tersebut, menurut Flair, sudah menghilangkan minat penonton menyaksikan NBA. Dia mencontohkan bahwa Kawhi Leonard tidak bermain sampai 60 pertandingan sejak tahun 2019. Padahal dia punya kontrak dengan bayaran yang sangat mahal. Sedangkan pemain gulat profesional seperti WWE tetap bertanding meski dalam keadaan sakit. 

"Mereka (pegulat) tetap bertanding meski dalam keadaan sakit. Sementara pemain basket istirahat hanya dengan keseleo jari kaki. Saya tetap datang ke arena dan menjalankan pekerjaan saya meski mengalami patah tulang punggung," ucap mantan juara WWE tersebut. 

Flair tidak sepenuhnya kecewa, karena dia memberi kredit kepada para pemain yang punya dedikasi tinggi terhadap permainan. Salah satu yang dia sebutkan adalah LeBron James. Dia tetap sehat di usia yang sudah tidak muda lagi. LeBron juga menginvestasikan hartanya untuk kesehatan tubuh. 

"Bermainlah untuk dibayar. Jangan hanya berlatih, lalu pergi naik pesawat untuk hadir dalam pertandingan, tapi tidak bermain. Kalau hanya datang dan duduk lalu mendapat bayaran, maka belajarlah pada para pegulat profesional," tutup Flair. (*) 

Foto: KSDK.com

Komentar