IBL

Phoenix Suns sebagai tuan rumah sukses menundukkan Indiana Pacers dengan skor akhir 112-107, di Footprint Center, Minggu, 22 Januari 2023. Suns memenangkan dua laga beruntun di akhir pekan ini. Tetapi yang istimewa dari laga ini adalah renui tim Phoenix Suns 1992-1993 yang sukses menebus Final NBA kala itu. Setelah 30 tahun tidak pernah bertemu dalam satu atap, akhirnya mereka bisa kembali menyapa rekan-rekannya. 

Para legenda Suns yang ikut dalam reuni tersebut adalah Kevin Johnson, Dan Majerle, Richard Dumas, Cedric Seballos, Tom Chambers, Danny Ainge, dan Tim Kempton. Hadir pula dalam acara tersebut Charles Barkley, yang menjadi MVP NBA musim 1992-1993, dan Paul Westphal yang saat itu menjabat sebagai kepala pelatih. Mereka berhasil membawa bendera Phoenix Suns, sampai ke Final NBA dan bertanding melawan Chicago Bulls. 

Mereka dianggap sebagai salah satu generasi terbaik Suns. Di mana Suns mendapatkan 62 kemenangan selama musim reguler, yang menjadi rekor terbaik kala itu. Ketika memasuki putaran playoff, muncul istilah "Westy's Guarantee". Pada saat itu, Suns sudah tertinggal 0-2 dari Los Angeles Lakers. Kemudian mereka bangkit, dan Paul Westphal sebagai pelatih dianggap sebagai sosok di balik kesuksesan Suns, untuk memenangkan tiga laga berturut-turut. Pada saat itu, belum pernah ada tim NBA yang mencatatkan prestasi tersebut (bangkit dari ketertinggalan 0-2 di babak playoff).

Melaju ke babak kedua, Suns mengalahkan San Antonio Spurs dalam enam pertandingan. Lalu Suns harus berjuang keras di Final Wilaya Barat untuk menundukkan Seattle SuperSonics di laga ketujuh. Barkley saat itu harus berhadapan dengan Gary "The Glove" Payton. 

Pada partai Final NBA 1992-1993, Suns berjumpa Chicago Bulls di bawah asuhan Phil Jackson. Mereka sedang mengincar juara ketiga kalinya berturut-turut dengan bintang-bintangnya seperti Michael Jordan, Scottie Pippen, Dennis Rodman, dan Steve Kerr. Suns akhirnya menyerah di pertandingan keenam setelah John Paxson mencetak tripoin untuk membuat Bulls menang 99-98. Momen tersebut sekaligus menjadi Final NBA pertama dan terakhir untuk Charles Barkley. (*)

Foto: Arizona Sports.com

Komentar