IBL

Houston Rockets dikabarkan telah bersedia melepas Eric Gordon. Pemain 33 tahun tersebut dianggap tidak mampu membawa perubahan di tim. Rockets akhirnya memutuskan untuk menggunakan jasa pemain-pemain muda saja. 

Pada bulan Januari 2021, saat Rockets melepas James Harden ke Brooklyn Nets, Gordon tetap dipertahankan. Alasannya Gordon akan dijadikan pemimpin tim, atau mentor bagi pemain-pemain muda. Namun setelah dua musim, ternyata tidak ada perubahan. Menurut The Athletic, Rockets akan melepaskan Eric Gordon dengan imbalan pemain muda. 

Berita ini diperkuat oleh pernyataan Michael Kaskey-Blomain dari CBS Sports. "Rockets telah menolak tawaran berkali-kali yang diajukan untuk melepaskan Gordon. Namun keputusan tersebut tidak membuahkan hasil, di mana Gordon tidak bermain seperti saat berduet dengan Harden. Sementara dari perspektif usia, Gordon sudah tidak layak lagi dipertahankan," katanya. 

Pada usia 33 tahun, Gordon memiliki rata-rata poin terendah dalam karirnya, yaitu 11,6 poin, serta 1,9 rebound per pertandingan. Meski begitu, dia masih seorang garda yang mampu menembak dengan persentase 37 persen dari jarak tripoin. Setidaknya faktor inilah yang bisa ditawarkan oleh Rockets, demi mendapatkan pemain idaman. 

Ganjalan untuk transaksi Gordon hanya soal gaji. Musim ini dia dibayar 19 juta dolar Amerika. Biaya yang besar harus dikeluarkan tim untuk mendapatkan jasanya. Namun kabar baiknya, tim tersebut tidak punya kewajiban untuk memperpanjang kontraknya. Karena dia punya opsi tanpa jaminan di musim depan. 

Rockets akan mengubah arah kebijakan tim. Mereka tertarik menggunakan jasa pemain muda. Dalam hal ini, semua pemain dalam roster akan diganti pemain muda. Tidak ada pemain senior yang akan masuk roster. Jadi tim yang ingin mendapatkan Gordon, bisa melalui pertukaran pemain muda atau tiket draft. 

Lebih lanjut, CBS Sports mengabarkan kalau tim yang tertarik untuk mendapatkan Eric Gordon adalah Philadelphia 76ers. Tampaknya, tim yang dikepalai oleh Daryl Morrey tersebut ingin menyatukan kembali duet James Harden dan Eric Gordon. Negosiasi akan berlangsung lebih cepat, karena batas waktu transfer pemain musim ini ada di bulan Februari 2023. (*)

Komentar