IBL

San Antonio Spurs menjamu Houston Rockets dalam pertandingan lanjutan NBA 2018-2019. Pada kesempatan itu, Spurs sekaligus mengambil satu kemenangan dari lawan dengan skor 96-89 di AT&T Center, San Antonio, Texas, Amerika Serikat, Sabtu 10 November 2018 waktu setempat. Senter LaMarcus Aldridge menjadi salah satu aktor dalam kemenangan ini.

Aldridge mencetak dobel-dobel 27 poin dan 10 rebound. Ia memasukkan 47,6 persen tembakannya tanpa sekalipun melepas tripoin. Namun, ia terbantu tembakan gratis dengan mengonversi 7 poin dari 8 percobaan. Sementara itu, DeMar DeRozan, garda anyar andalan Spurs, menambahkan 13 poin dan 11 rebound sehingga kemenangan mereka semakin pasti. Derrick White dan Bryn Forbes pun cukup berguna dengan menyumbang 14 dan 13 poin.

Di kubu lawan, James Harden menjadi pencetak angka terbanyak dengan 25 poin. Eric Gordon lalu menambahkan 23 poin meski tampil dari bangku cadangan. Garda utama Chris Paul 13 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Namun, ketiganya belum juga mampu memenangkan pertandingan akibat akurasi yang buruk. Spurs berhasil menahan akurasi field goal tamunya di angka 33,3 persen. Rockets bahkan hanya bisa memasukkan 9 dari 41 tripoin. Mereka tampil "bau" di pertandingan ini.

Spurs, di sisi lain, memanfaatkan buruknya tembakan lawan dengan bermain hati-hati di kuarter empat. Apalagi mereka sudah melakukan 15 kali kesalahan yang berbuah serangan balik (turnover) di tiga kuarter sebelumnya. Kepala Pelatih Gregg Popovich mengatur ulang timnya supaya tidak melakukan hal serupa. Dengan mengatasi itu, Spurs pun memenangkan pertandingan meski kedua tim bermain ketat sejak pertandingan dimulai.

Rockets hanya unggul satu poin (21-20) di kuarter pertama meski tampil dengan akurasi tembakan yang buruk. Klub asuhan Mike D’Antoni itu hanya memasukkan 31,6 persen tembakan, termasuk 1 dari 7 percobaan tripoin. Mereka bisa unggul karena terbantu oleh tembakan gratis. Itu pun hanya 8 dari 14 percobaan. Akibatnya, Spurs bisa membalikkan keadaan di kuarter selanjutnya. Mereka mencetak 32 poin sementara lawannya hanya 29.

Spurs memimpin 52-50 di kuarter dua.

Di kuarter tiga, Spurs terus menjaga kepemimpinannya dengan ketat (72-71), tetapi mereka tampil keluar batas. Spurs yang biasanya baik dalam menjaga penguasaan bola rupanya terlalu banyak melakukan turnover. Sedikitnya klub asuhan Popovich itu melakukan 15 kali turnover yang berhasil dikonversi menjadi 20 poin oleh Rockets selama tiga kuarter.

Rockets unggul perolehan poin di kuarter tiga (21-20). Namun, persentase tembakan mereka tetap buruk (32,1 persen). Itu merupakan persentase tembakan terburuk klub asal Houston musim ini sehingga mereka pun kehilangan banyak kesempatan.

Pertandingan semakin ketat di kuarter empat. Kebetulan kuarter itu juga menjadi penentuan mereka. Spurs pun meminimalisasi kesalahan dengan tampil lebih hati-hati. Namun, Rockets ternyata habis bensin di lima menit terakhir. Akurasi mereka terus buruk, tertahan di angka 33,3 persen, sementara tripoin mereka hanya masuk 9 dari 41 percobaan. Spurs, yang tampil lebih baik dengan memasukkan 44,6 persen tembakan, lantas memenangkan pertandingan 96-89.

Spurs pun kini mengantungi 7 kemenangan dari 11 pertandingan. Selanjutnya, mereka harus menghadapi Sacramento Kings di kandangnya lusa. Sementara itu, Rockets (4-7) akan menjamu Indiana Pacers besok.      

Foto: NBA

Komentar