IBL

San Antonio Spurs menggelar lanjutan laga NBA berhadapan dengan Oklahoma City Thunder, Kamis malam, 10 Januari 2019, waktu setempat. Pertandingan yang digelar di At&T Center, San Antonio Spurs, Texas, Amerika Serikat ini berjalan sengit. Kedua tim saling berbalas keunggulan sepanjang laga hingga berlanjut ke dua kali babak tambahan waktu (overtime). Di babak terakhir, Spurs berhasil mencetak 13 poin sementara Thunder tertahan di angka enam. Spurs membungkus kemenangan 154-147.

Cukup banyak rekor yang terpecahkan di laga ini. Pertama, kemenangan ini menjadi kemenangan ke-1.222 untuk Kepala Pelatih Spurs, Gregg Popovich. Jumlah tersebut merupakan kemenangan terbanyak ketiga yang ditorehkan Kepala Pelatih sepanjang sejarah NBA. Lebih hebat lagi, Popovich hanya mencatatkannya dengan Spurs. Dua nama di atas Popovich adalah Don Nelson (1.335) dan Lenny Wilkens (1.333).

Selain itu, total 154 poin yang diciptakan Spurs merupakan yang tertinggi keenam sepanjang sejarah tim dan merupakan yang terbanyak sejak 1990. Rekor tertinggi Spurs dalam satu laga adalah 171 poin, pada tahun 1982. Angka istimewa juga didapat Spurs setelah 16 dari 19 tripoin mereka menemui sasaran (82 persen). Akurasi itu merupakan yang tertinggi dalam satu laga di mana tim setidaknya melepaskan 10 percobaan tripoin.

Beralih ke statistik pemain,  LaMarcus Aldridge keluar sebagai top skor di laga ini dengan 54 poin, 9 rebound, 4 asis, dan 4 blok. Selain menjadi pencapaian tertinggi sepanjang karirnya, 54 poin yang diciiptakannya menjadi yang tertinggi ketiga sepanjang sejarah Spurs. Selain itu, ia merupakan pemain Spurs pertama yang mampu mencetak setidaknya 50 poin sejak Tony Parker terakhir melakukannya pada 2008 lalu.

Derrick White menjadi top skor kedua Spurs usai mengemas 23 poin, 5 rebound, dan 8 asis. Tiga dari total poin tersebut merupakan tembakan tripoin di menit akhir laga yang membawa Spurs unggul enam poin. DeMar DeRozan mencatatkan dobel-dobel dengan 16 poin, 8 rebound, dan 11 asis. Bryn Forbes menjadi pemain terakhir di starter yang mencetak dua digit poin dengan 14 poin plus 8 rebound.

Barisan cadangan Spurs juga tampil isitimewa. Marco Belinelli mengemas 19 poin selama 23 menit bermain dengan 5/5 tripoin. Patty Mills menyusul dengan 14 poin dan 6 asis sementara Davis Bertans melengkapi daftar dengan 12 poin dan 4 rebound.

Dari kubu Thunder, Paul George memimpin daftar dengan 30 poin, 8asis, dan 3 steal. Jerami Grant mencatatkan raihan poin tertingginya sepanjang karir dengan dobel-dobel, 25 poin dan 12 rebound. Russell Westbrook mencatatkan tripel-dobel ke-13 musim ini usai mencetak 24 poin, 13 rebound, dan 24 asis dengan akurasi mencapai 50 persen. Jumlah asis tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang karirnya. Terrance Ferguson mengemas 21 poin yang seluruhnya di dapatkan dari tripoin (7/10). Ia juga belum pernah mencatatkan tujuh tripoin dalam satu laga sebelum gim ini. Dennis Schroder melengkapi daftar dengan 14 poin plus 4 asis dari bangku cadangan.

Hasil ini tak banyak membawa perubahan bagi kedua tim. Kekalahan ketiga beruntun bagi Thunder ini belum menggeser mereka dari peringkat tiga klasemen sementara Wilayah Barat dengan 25 kemenangan dari 41 laga. Sementara Spurs terus sedang mengincar posisi lima besar. Mereka kini ada di posisi enam klasemen sementara Wilayah Barat dnegan rekor menang-kalah (25-18).

Kedua tim akan kembali bertemu dalam laga selanjutnya. Di gim yang digelar lusa, waktu setempat, Thunder akan bertindak sebagai tuan rumah di Chesapeake Energy Arena, Oklahoma City, Oklahoma, Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: Twitter, @NBA

 

Komentar